Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua Emiten Kebun Grup Salim Tebar Bonus Rp68 Miliar untuk Manajemen

Pemegang saham memutuskan membagikan remunerasi Rp29 miliar untuk manajemen PP London Sumatra Tbk. (LSIP) dan Rp39 miliar untuk manajemen Salim Ivomas Pratama (SIMP).
Gedung PT PP London Sumatra Tbk di Medan./Bisnis
Gedung PT PP London Sumatra Tbk di Medan./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten perkebunan konglomerasi Grup Salim PT Salim Ivomas Pratama Tbk. (SIMP) dan PT Perusahaan Perkebunan London Sumatra Indonesia Tbk. (LSIP) secara bersamaan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) yang digelar pada Kamis (16/7/2020).

Dalam salah satu mata acara rapat tersebut, kedua emiten mengumumkan total jumlah remunerasi yang akan dibayarkan kepada anggota Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan sejak awal tahun hingga akhir tahun mendatang.

“Menyetujui penetapan besarnya total jumlah remunerasi yang akan dibayarkan oleh Perseroan kepada anggota Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan yang berlaku terhitung sejak tanggal 1 Januari 2020 sampai dengan tanggal 11 Desember 2020, maksimum Rp29.000.000.000,” tulis notaris dalam ringkasan risalah RUPS LSIP dikutip dari keterbukaan informasi BEI. 

Jika merujuk pada jumlah Dewan Komisaris dan Direksi perseroan sebanyak 11 orang, maka setidaknya masing-masing akan mendapatkan gaji dan imbalan kerja sebesar Rp2,64 miliar per tahun atau Rp219 juta per bulannya.

Tak jauh berbeda, pemegang saham SIMP juga menyetujui tantiem sebesar Rp39 miliar per tahun kepada total 12 orang Dewan Komisaris dan Direksi. Sehingga, jika dirata-ratakan, masing-masing petinggi di perseroan akan mendapatkan setidaknya gaji dan imbalan kerja sebesar Rp3,25 miliar atau Rp270,83 juta per bulan.

Adapun tiga petinggi dari perusahaan tersebut merangkap jabatan diantaranya Komisaris Hendra Widjaja, Axton Salim dan Presiden Komisaris LSIP Paulus Moleonoto yang juga menjabat sebagai Wakil Direktur Utama SIMP.

Walhasil, dari dua emiten tersebut, ketiga orang penting tersebut setidaknya mengantongi imbalan kerja sebesar Rp5,89 miliar atau Rp489,83 juta per bulannya.

Sebagai catatan, Axton Salim memiliki daftar jabatan paling banyak diantara anggota Dewan Direksi dan Komisaris yang merangkap jabatan.

Putra dari taipan Anthoni Salim tersebut adalah Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk. (INDF) dan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (ICBP) yang merupakan dua perusahaan mesin uang Grup Salim.

Di sisi lain, ia juga adalah Direktur Non eksekutif IndoAgri, Gallant Venture Ltd, Global Co-chair Scaling Up Nutrition (SUN) Business Advisory Group dan Direktur Photography Centre Ltd.

Sementara itu, Paulus Moleonoto adalah Direktur INDF dan merupakan Executive Director and Head of Finance & Corporate Service of Indofood Agri Resources. Terakhir, selain menjabat di SIMP dan LSIP, Hendra Widjaja juga menjabat sebagai Direktur ICBP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper