Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investor Sambut Musim Laporan Keuangan, Bursa Eropa Menguat

Musim laporan keuangan dimulai pekan ini dengan rilis dari sejumlah perusahaan seperti Volvo AB, Electrolux AB dan Nordea Bank.
Bursa Efek Frankfurt./ Alex Kraus - Bloomberg
Bursa Efek Frankfurt./ Alex Kraus - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa menguat pada awal perdagangan pekan ini karena investor menantikan awal musim laporan keuangan, yang dapat memberikan petunjuk terhadap pemulihan ekonomi.

Dilansir dari Bloomberg, indeks Stoxx Europe 600 terpantau menguat 0,8 persen pada awal perdagangan. Penguatan dipimpin oleh sektor siklis yang lebih sensitif secara ekonomi, seperti bank, produsen mobil, dan perjalanan.

Menyusul indeks Stoxx, indeks FTSE 100 Inggris menguat 1,09 persen, sedangkan indeks CAC 40 Prancis naik 0,8 persen dan indeks DAX Jerman menguat 0,97 persen.

Saham bank terbesar Norwegia, DNB ASA, melonjak 7,4 persen setelah merilis laporan keuangan kuartal II/2020 yang bahkan melampaui estimasi analis yang paling optimis.

Musim laporan keuangan kuartal II/2020 dimulai pekan ini dengan rilis dari sejumlah perusahaan seperti Volvo AB, Electrolux AB dan Nordea Bank. Data kinerja ini akan menjelaskan seberapa besar dampak virus corona terhadap laba perusahaan.

Investor juga akan mempertimbangkan apakah rebound cepat pasar saham sejak awal pandemi Covid-19 dapat dijustifikasi lebih lanjut. Selain rilis laporan keuangan, pelaku pasar juga akan menantikan data produk domestik bruto (PDB) kuartal kedua China yang dirilis pada hari Kamis selain data penjualan ritel AS.

Kepala analis multi-aset dan penelitian di Joh Berenberg Goss, Ulrich Urbahn, mengatakan pasar pekan ini akan berfokus pada data PDB China, penjualan ritel AS, dan dana pemulihan yang diusulkan, selain musim laporan keuangan kuartal kedua.

"Mengingat volatilitas yang menurun dan kepemilikan uang yang tinggi, dana akan kembali ke pasar ekuitas, dan kami tetap berpandangan konstruktif," ujarnya, seperti dikutip Bloomberg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper