Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tarif Sewa Tanker Naik, Buana Lintas Lautan (BULL) Pede Kinerja Bakal Terus Moncer

Buana Lintas Lautan (BULL) yakin kinerja bakal moncer hingga akhir tahun
MT Bull Flores, salah satu kapal milik PT Buana Lintas Lautan Tbk./bull.co.id
MT Bull Flores, salah satu kapal milik PT Buana Lintas Lautan Tbk./bull.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten pelayaran PT Buana Lintas Lautan Tbk (BULL) optimistis kinerja positif perusahaan di kuartal I/2020 dapat berlanjut hingga akhir tahun. Pandemi virus corona (Covid-19) yang telah membuat perekonomian dunia melambat justru disebut memberikan benefit bagi perseroan.

Direktur Utama BULL Kevin Wong mengatakan, harga sewa kapal tanker malah naik saat terjadi pandemi. Ia menjelaskan, kenaikan harga tersebut disebabkan oleh produsen minyak global yang tidak dapat mengurangi produksi dengan cepat. Di sisi lain, permintaan dan konsumsi minyak menurun dengan tajam.

Hal itu akan memacu jumlah yang minyak yang harus disimpan setiap hati sehingga menyebabkan kapasitas tangki penyimpanan penuh. “Penumpukan tersebut akan menciptakan permintaan yang besar untuk penyimpanan terapung pada kapal tanker minyak, seperti kapal tanker milik BULL,” jelasnya dikutip dari keterangan resmi pada Kamis (25/6/2020).

Ia melanjutkan meluapnya fasilitas penyimpanan minyak di darat juga akan menimbulkan dampak tambahan, yakni waktu tunggu yang lebih lama untuk kapal tanker, dan membuat operasi bongkar muatan membutuhkan waktu lebih lama.

Pembongkaran muatan yang lebih lama akan menciptakan antrian keluar-masuk pelabuhan yang parah, sehingga akan menyerap pasokan kapal tanker tambahan serta memperketat situasi pasokan permintaan.

Faktor-faktor tersebut menimbulkan lonjakan tingkat harga sewa hingga US$173.000 per hari untuk kapal tanker ukuran Long Range 2 (LR2) dan US$73.000 per hari untuk kapal tanker ukuran handy-size, tingkat harga sewa tertinggi dalam sejarah.

“Ini telah menghasilkan tingkat harga sewa rata-rata Time Charter Equivalent (TCE) untuk BULL pada kuartal II/2020 yang jauh lebih tinggi dibandingkan kuartal I/2020 dan akan mendorong pendapatan dan laba pada kuartal selanjutnya,” jelasnya.

Faktor lain yang akan menggenjot pertumbuhan pendapatan dan laba perusahaan adalah perkembangan armada BULL yang berkelanjutan. Kevin mengatakan perusahaan berencana menambah sejumlah kapal tanker dalam armada BULL.

Pada saat yang sama, lima kapal tanker besar yang dibeli pada kuartal I/2020 akan sepenuhnya berkontribusi pada kuartal II/2020, sehingga akan mendorong pertumbuhan efektif armada secara signifikan.

“Kami mengantisipasi kinerja perseroan pada kuartal II/2020 akan lebih baik dibandingkan kuartal I/2020,” pungkasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper