Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bos Bukalapak Gabung ke Telkom (TLKM), Ini Kata Erick Thohir

Erick Thohir menilai co founder dan Presiden Direktur Bukapalak, M. Fajrin Rasyid sebagai sosok yang tepat untuk mengembangkan bisnis digital Telkom
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 19 Juni 2020  |  20:50 WIB
Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. Ririek Adriansyah (dari kiri) berbincang dengan Direktur Digital Business Muhammad Fajrin Rasyid, Direktur Wholesale & International Service Dian Rachmawan dan Direktur Consumer Service FM Venusiana R seusai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Jumat (19/6/2020). Bisnis - Abdullah Azzam
Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. Ririek Adriansyah (dari kiri) berbincang dengan Direktur Digital Business Muhammad Fajrin Rasyid, Direktur Wholesale & International Service Dian Rachmawan dan Direktur Consumer Service FM Venusiana R seusai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Jumat (19/6/2020). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA—Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir turut mengomentari pengangkatan Co-founder sekaligus Presiden Bukalapak, M. Fajrin Rasyid, menjadi salah satu direksi Telkom.

Erick menilai Fajrin merupakan sosok yang tepat untuk memimpin pengembangan bisnis digital perusahaan telekomunikasi milik negara tersebut sebab kiprah dan karyanya di bisnis digital sudah teruji. 

“Dengan rekam jejak dan pengalaman meski masih berusia muda, Fajrin adalah figur yang tepat untuk memimpin pengembangan bisnis digital Telkom,” ujar Erick, Jumat (19/6/2020).

Dia juga kembali menegaskan bahwa sebagai salah satu BUMN besar Telkom harus mengubah dan memperkuat strategi bisnisnya di tengah tantangan yang semakin besar, terutama di era pasca-Covid 19.

Menurutnya, di situasi seperti saat ini, semua jajaran direksi Telkom yang baru memiliki key performance indicator (KPI) yang terukur. Erick bahkan menyebut dia tak akan segan mencopot mereka yang tak memenuhi target.

“Saya sudah sampaikan pada mereka bahwa harus siap dicopot bila tidak memenuhi target-targetnya,” tukasnya.

Fajrin sendiri ditunjuk sebagai Direktur Digital Business Telkom dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar pada Jumat (19/6/2020) sore. Dia menggantikan Faisal Djoemadi yang sebelumnya menduduki jabatan tersebut.

Sebelum menjadi petinggi BUMN, sosok Fajrin dikenal luas sebagai salah satu pendiri platform dagang-el Bukalapak bersama rekannya, Ahmad Zaky. Mereka berdua kemudian mengantarkan Bukalapak menjadi salah satu unicorn di Indonesia.

Adapun setelah resmi mengemban jabatan sebagai direktur Telkom, Fajrin menyerahkan tanggung jawabnya di Bukalapak kepada jajaran manajemen startup tersebut. 

Bukalapak bukan perusahaan pertama yang didirikan Fajrin. Mengutip profilnya di Linkedin, alumnus Institut Teknologi Bandung itu juga menjadi pendiri sekaligus CEO agensi digital bernama Suitmedia pada 2011-2014 lalu.

Sebelumnya, dia juga pernah berperan sebagai konsultan untuk The Boston Consulting Group dan berfokus pada analisis dan strategi berbagai industri untuk penetrasi pasar Indonesia dan Asia Tenggara. 

Tak hanya itu, pada tahun 2008 dan 2007, Fajrin bekerja untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan untuk perusahaan telekomunikasi PT Indosat Tbk sebagai web developer.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkom erick thohir
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top