Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sektor Real Estat dan Konstruksi Pimpin Penguatan Indeks Stoxx

Bursa saham Eropa ditutup menguat pada perdagangan hari Rabu (17/6/2020), menyusul ekspektasi atas stimulus AS dan rebound ekonomi global, yang mengimbangi kekhawatiran terhadap lonjakan infeksi virus corona.
Bursa Efek Frankfurt./ Alex Kraus - Bloomberg
Bursa Efek Frankfurt./ Alex Kraus - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa ditutup menguat pada perdagangan hari Rabu (17/6/2020), menyusul ekspektasi atas rebound ekonomi global, yang mengimbangi kekhawatiran terhadap lonjakan infeksi virus corona.

Berdasarkan data Bloomberg, indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,74 persen atau 2,69 poin ke level 366,02 pada akhir perdagangan, didorong oleh penguatan sektor real estat dan konstruksi.

Saham sektor kesehatan juga menjadi fokus setelah hasil uji coba menunjukkan bahwa obat deksametason menjadi obat pertama yang terbukti memberikan efek positif terhadap pengobatan pasien Covid-19.

Dilansir Bloomberg, bursa Eropa cenderung menguat karena investor tidak terpengaruh oleh kekhawatiran terhadap peningkatan kasus virus corona dan lebih terfokus pada stimulus fiskal dan moneter.

China mencatat lonjakan kasus virus corona setelah infeksi baru di Beijing mencapai 130 orang dalam 24 jam terakhir. Di sisi lain, euforia investor terhadap data penjualan ritel AS yang positif masih tersisa memberikan dorongan terhadap indeks.

"Pasar global bisa tetap berfluktuasi antara situasi kesehatan yang kemungkinan akan tetap menjadi ancaman di beberapa daerah untuk beberapa waktu dan data makroekonomi positif," kata analis makroekonmi global di Credit Agricole, Xavier Chapard, seperti dikutip Bloomberg.

Untuk saat ini, investor merefleksikan optimisme katalis baru setelah Gubernur Federal Reserve Jerome Powell mengatakan bahwa ekonomi AS masih jauh dari pemulihan ke level sebelum pandemi.

"Pernyataan Powell memperkuat pandangan kami bahwa prioritas The Fed bergeser dari tindakan darurat yang bertujuan mencegah kemerosotan pasar ke tindakan jangka panjang untuk mendukung pemulihan ekonomi riil secepat mungkin," kata Chapard.

Fokus sekarang beralih ke pertemuan Dewan Eropa pada akhir pekan untuk membahas proposal pemulihan dengan meningkatkan plafon utang senilai 750 miliar euro untuk menambah pengeluaran dari kas bersama menjadi 1,1 triliun euro pada tahun 2021-2027.

Pembangkit listrik dan operator jaringan terbarukan Inggris SSE Plc melonjak 9,1 persen mengonfirmasi dividen setahun penuh dan membukukan laba sebelum pajak yang lebih baik dari perkiraan.

Sementara itu saham Boohoo naik 6,6 persen setelah jaringan mode online ini memperkirakan kinerja setahun penuh berada di atas ekspektasi pasar menyusul peningkatan permintaan selama lockdown.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper