Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Reksa Dana yang Tumbuh Dobel Digit, Produk Sinarmas AM Jadi Jawara

Sejumlah produk reksa dana berhasil mencatatkan kinerja gemilang setahun terakhir. Produk reksa dana campuran yang diwakili oleh Simas Balance Gemilang besutan Sinarmas Asset Management misalnya, mencatatkan return sebesar 72,09% yoy per 5 Juni 2020.
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis/Himawan L Nugraha
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah produk reksa dana masih mencatatkan kinerja gemilang dengan tumbuh dobel digit secara tahunan (year-on-year) kendati pasar keuangan ditimpa tekanan sejak awal tahun. 

Produk reksa dana campuran yang diwakili oleh Simas Balance Gemilang besutan Sinarmas Asset Management misalnya, mencatatkan return sebesar 72,09% yoy per 5 Juni 2020.

Selanjutnya, reksa dana pasar uang milik PT Ciptadana Asset Management yaitu Cipta Dana Lancar juga memberikan return yang tak kalah bersaing ketimbang reksa dana berisiko lainnya dengan kinerja 66,16% yoy.

Adapun, pasar keuangan baik pasar saham maupun surat utang tampak merespons positif kebijakan kenormalan baru yang dimulai pekan lalu. Hal ini diharapkan bisa menggairahkan perekonomian dan meredam kekhawatiran terjadinya resesi lebih dalam.

Berdasarkan data Infovesta Utama periode 29 Mei—5 Juni 2020,  indeks reksa dana saham yang tercermin dalam Infovesta Equity Fund Index berada di posisi teratas sebesar 4,04%. Pada periode yang sama, IHSG menguat sebesar 4,08%. 

Selanjutnya, kinerja indeks reksa dana campuran yang tercermin dalam Infovesta Balanced Fund Index tercatat sebesar 2,83%.

Kinerja indeks reksa dana pendapatan pendapatan tetap yang tercermin dalam Infovesta Fixed Income Fund Index tercatat sebesar 0,96% mengikuti performa obligasi pemerintah yang tumbuh 0,77% dan obligasi korporasi yang naik 0,16%.

Selanjutnya, kinerja indeks reksa dana pasar uang yang tercermin dalam Infovesta Money Market Fund Index stabil sebesar 0,10%.

Secara year-to-date per 5 Juni 2020, indeks reksa dana saham masih mencatatkan kinerja terburuk sebesarberada di zona merah dengan kinerja sebesar -24,20%. Begitu pula IHSG yang menjadi acuannya masih tertekan -21,46% ytd. 

Selanjutnya kinerja indeks reksa dana campuran tercatat -12,44%.

Di zona positif, terdapat indeks reksa pendapatan tetap dengan kinerja sebesar 1,49% dan indeks reksa dana pasar uang sebesar 2,02%.

Dalam laporan mingguannya, Infovesta Utama menjelaskan bahwa kenormalan baru direspons lebih cepat di pasar saham.

“Kondisi pasar saham yang saat ini sedang dalam harga “diskon’ membuat investor dengan profil risiko agresif aktif mencari peluang untuk potensi keuntungan yang lebih besar di masa depan,” tulis Infovesta Utama, Senin (8/6/2020).

Tak hanya di pasar saham, geliat penguatan juga terasa di pasar surat utang. Hal itu terlihat dari masuknya aliran dana asing yang tercermin lewat kepemilikan SBN asing senilai Rp6,44 triliun pada Mei.

Adapun, yield obligasi pemerintah bertenor 10 tahun juga turun 12 bps menjadi 7,11% pada awal bulan ini.

Kendati sentiment positif mulai berdatangan, investor disarankan untuk tetap berhati-hati karena ada risiko terjadinya gelombang kedua wabah Covid-19. Tak hanya itu, sejumlah isu geopolitik dan rilis data ekonomi dari domestik maupun global  juga harus dicermati karena dapat membawa sentiment ke pasar keuangan.

 

Berikut produk reksa dana dengan return tertinggi secara year-on-year (yoy) per 5 Juni 2020

Reksa Dana Saham

Return (%)

Pacific Equity Flexi Fund

23,11

Pacific Equity Optimum Fund

20,56

Simas Equity Syariah

6,94

Reksa Dana Campuran

Simas Balance Gemilang

72,09

Insight Syariah Berimbang (I-SHARE)

34,84

SAM Mutiara Nusa Campuran

18,88

Reksa Dana Pendapatan Tetap

Mega Dana Ori Dua

20,82

Insight Simas Asna Pendapatan Tetap Syariah I Asna

18,93

Pratama Pendapatan Tetap Syariah

17,72

Reksa Dana Pasar Uang

Cipta Dana Lancar

66,16

Mega Dana Ori Dua

20,82

Insight Simas Asna Pendapatan Tetap

18,93

Sumber: Infovesta Utama 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper