Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investor Antusias, Bursa Eropa Ditutup Naik Tajam 1,64 Persen

Reli bursa Eropa berhasil berlanjut pada akhir perdagangan hari keempat berturut-turut, Kamis (28/5/2020), di tengah meningkatnya antusiasme seputar dibukanya kembali aktivitas perekonomian di penjuru dunia.
Bursa Efek Frankfurt./ Alex Kraus - Bloomberg
Bursa Efek Frankfurt./ Alex Kraus - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Reli bursa Eropa berhasil berlanjut pada akhir perdagangan hari keempat berturut-turut, Kamis (28/5/2020), di tengah meningkatnya antusiasme seputar dibukanya kembali aktivitas perekonomian di penjuru dunia.

Pergerakan indeks Stoxx Europe 600, yang mewakili saham perusahaan-perusahaan di 17 negara kawasan Eropa, ditutup di level 355,47 dengan kenaikan tajam 5,72 poin atau 1,64 persen dari level penutupan perdagangan sebelumnya.

Pada perdagangan Rabu (27/5/2020), indeks Stoxx berakhir di level 349,75 dengan penguatan 0,24 persen atau 0,83 poin.

Penguatan bursa Eropa berlanjut sehari setelah Uni Eropa mengusulkan dana pemulihan senilai €750 miliar (US$825 miliar) untuk membantu ekonomi Benua Biru melalui resesi mendalam yang disebabkan oleh pandemi virus corona (Covid-19).

Sementara itu, Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde mengatakan ekonomi zona euro akan terkontraksi antara 8 persen dan 12 persen tahun ini.

“Dengan pembukaan kembali ekonomi global secara bertahap, para investor memperhitungkan kembali prospek pemulihan. Pergeseran ke arah momentum pertumbuhan positif biasanya sangat mendukung aset-aset berisiko,” terang pakar strategi di Goldman Sachs, dikutip dari Market Watch.

Di antara indeks saham utama penopang kenaikan Stoxx pada Rabu adalah indeks FTSE 100 Inggris (+1,21 persen), CAC 40 Prancis (+1,76 persen), DAX Jerman (+1,06 persen), dan indeks FTSE MIB Italia (+2,46 persen).

Sementara itu, saham Cineworld Group Plc. yang melonjak 21,43 persen membukukan kenaikan terbesar pada indeks Stoxx. Operator rantai film ini mengantisipasi bahwa pembatasan pemerintah terkait bioskop akan dicabut di masing-masing wilayahnya pada Juli.

Lonjakan saham Cineworld diikuti saham IWG Plc. (+15,14 persen) dan Pirelli & C. S.p.A. (+8,19 persen). Sebaliknya, saham Rolls-Royce Holdings Plc. mencatat pelemahan tertajam dengan turun 7,83 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper