Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasokan Gandum Global Membludak, Harga Terjepit

Dengan panen besar menjulang di banyak negara, stok gandum global diperkirakan akan mencapai rekor tahun ini dan naik lebih tinggi pada tahun 2021.
Ladang gandum/
Ladang gandum/

Bisnis.com, JAKARTA – Terlepas dari kejadian panik di sejumlah negara yang memborong gandum di toko-toko kelontong, dan kekhawatiran tentang pembatasan ekspor dari produsen utama dalam beberapa bulan terakhir, pasokan gandum global masih membanjiri pasar.

Pada perdagangan Rabu (20/5/2020) pukul 11.20 WIB, harga gandum kontrak Juli 2020 di Chicago Board of Trade (CBOT) berkurang 0,15 persen atau 0,75 poin menjadi US$498 sen per bushel.

Dikutip dari Bloomberg, eksportir besar dari Rusia hingga Rumania bergerak untuk membatasi ekspor untuk melindungi pasokan domestik di tengah krisis kesehatan akibat Covid-19.

Namun, dengan panen besar menjulang di banyak negara, stok gandum global diperkirakan akan mencapai rekor tahun ini dan naik lebih tinggi pada tahun 2021.

Meskipun ada risiko bahwa cuaca buruk dapat mengubahnya, kekhawatiran langsung tentang kekurangan pasokan terbukti berumur pendek.

Rantai pasokan tetap utuh, pembatasan ekspor cukup longgar untuk membuat penjualan terus mengalir, dan negara-negara yang menerapkan pembatasan menyadari pasokan mereka sendiri cukup banyak. Ditambah lagi, pandemi ini sedang memukul permintaan biji-bijian global.

"Belum ada banyak gangguan pasokan [akibat pandemi]," kata James Bolesworth, direktur CRM AgriCommodities di Inggris.

"Apa yang kami lihat di pasar gandum sangat mirip dengan apa yang kami lihat di tingkat ritel dengan orang-orang seperti panik membeli. Menjadi jelas bahwa itu akan menjadi bisnis seperti biasa," katanya.

Setelah harga melonjak pada akhir Maret karena konsumen menimbun produk gandum seperti tepung dan negara-negara seperti Rusia, Rumania, dan Kazakhstan bergerak untuk mengekang ekspor, sejak itu pasar mengabaikan kekhawatiran tentang krisis pasokan. Harga gandum berjangka telah merosot ke dekat level terendah sejak Oktober 2019.

Beberapa negara telah mundur dari pembatasan ekspor. Romania bulan lalu mengakhiri larangan mendadak atas penjualan biji-bijian di luar blok seminggu setelah dimulai, sementara menteri pertanian Kazakhstan mengatakan negara itu berencana untuk menghapus kuota ekspor biji-bijian dan tepung pada 1 Juni 2020.

Fokus pasar sekarang juga beralih dari Rusia ke Kanada. Pasokan gandum di seluruh dunia akan naik 0,5 persen ke rekor untuk musim mendatang, data pemerintah AS menunjukkan. Itu akan mendorong persediaan naik 5 persen menjadi 310,1 juta ton, atau sama dengan sekitar 5 bulan permintaan global.

"Sepertinya ini akan menjadi musim penambahan untuk pasokan gandum, kata Ole Hansen, kepala strategi komoditas di Saxo Bank A / S. "Kita seharusnya tidak khawatir."

Harga gandum juga sedang terbebani karena wabah virus membatasi konsumsi biji-bijian. Selain kehilangan bisnis dari restoran, pabrik etanol yang tertutup telah mengurangi permintaan biji-bijian untuk membuat biofuel.

Sementara pabrik daging yang tertutup berarti lebih sedikit pakan ternak yang dibutuhkan. Dengan pasokan tambahan tanaman seperti jagung, hal itu menambah tekanan pada gandum.

Namun, dengan beberapa minggu tersisa sebelum banyak panen mulai, ada risiko pasokan yang tidak dapat dikendalikan, yakni cuaca.

Sebagai contoh, kekeringan baru-baru ini telah mengancam hasil panen di wilayah Laut Hitam dan Eropa barat, sementara kekeringan di Afrika Utara akan meningkatkan kebutuhan daerah untuk impor.

Pemerintah AS memperkirakan cadangan di antara 8 eksportir utama dunia akan naik sedikit dari musim 2019 – 2020.

"Dalam hal pasokan dan permintaan gandum, dunia tampaknya telah melewati fase awal pandemi dengan baik," kata Amy Reynolds, seorang ekonom senior di International Grains Council di London.

"Tapi masih ada banyak pertanyaan yang harus dijawab untuk masa depan."

Setiap dampak cuaca utama pada tanaman juga dapat mendorong pemasok utama untuk memperpanjang atau melanjutkan pembatasan ekspor, terutama jika krisis corona virus berlanjut.

Rusia, yang memiliki sejarah mengintervensi pasar gandum melalui pembatasan atau pajak, mengatakan akan mempertimbangkan untuk menggunakan kuota melewati akhir musim ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper