Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Diam-Diam, AS Ikut Sepakat dengan Saudi dan Rusia Soal Pemulihan Harga Minyak

Pemangkasan minyak AS yang lebih dalam, meskipun tidak disengaja, membantu membawa pasokan dan permintaan global kembali ke keseimbangan lebih cepat, dan menetapkan tahap yang lebih kencang untuk memulai pemulihan minyak.
Ilustrasi. Tanki penimbunan minyak./Bloomberg
Ilustrasi. Tanki penimbunan minyak./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Produsen minyak Amerika telah memangkas produksi lebih banyak dari yang diperkirakan pelaku pasar. Reaksi Paman Sam terhadap kekuatan pasar lebih besar daripada data resmi yang disarankan.

“Itu berarti AS sebenarnya bekerja bersama Arab Saudi, Rusia, dan produsen minyak besar lainnya, untuk membantu menyeimbangkan penawaran dan permintaan minyak - bahkan jika itu tidak seperti yang dikatakan Presiden Donald Trump,” papar Oil Strategist Bloomberg Julian lee, Minggu (17/5/2020).

Pada penutupan perdagangan Jumat (15/5/2020) harga minyak jenis WTI untuk kontrak Juni 2020 di bursa New York bergerak menguat 6,79 persen ke level US$29,43 per barel, sedangkan harga minyak jenis Brent untuk kontrak Juni 2020 di bursa ICE naik 4,4 persen ke level US$32,50 per barel.

Data dari Administrasi Informasi Energi AS (EIA) menunjukkan bahwa produksi minyak mentah sekarang sekitar 11,6 juta barel per hari, turun antara 1,2 juta hingga 1,4 juta barel per hari, atau sekitar 10 persen, dari tingkat produksi saat musim dingin.

Sementara itu, anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutu mereka sepakat bulan lalu bahwa mereka masing-masing akan memotong produksi mereka sebesar 22 persen dari level produksi dasar, yang mencerminkan level Oktober 2018.

Bukti awal dari data pelacakan kapal tanker yang dipantau oleh Bloomberg menunjukkan bahwa beberapa, seperti Arab Saudi, telah membuat langkah besar yang sangat cepat menuju target itu; yang lain, seperti Irak, masih tertinggal.

Namun, semua produsen besar OPEC - termasuk Irak - telah menaikkan harga mereka dan memangkas alokasi minyak mentah untuk pelanggan utama untuk bulan Juni, menunjukkan bahwa tingkat kepatuhan akan meningkat.

Lee manyampaikan aliran minyak yang masuk ke rantai pasokan harus menyeimbangkan dengan volume yang keluar. Itu matematika dasar untuk menggambarkan harga.

Namun demikian, penambahan produksi, impor dan minyak mentah yang diambil dari tangki penyimpanan (sisi pasokan persamaan), tidak sama dengan jumlah yang diproses oleh penyuling, digunakan, diekspor atau dimasukkan ke dalam tangki penyimpanan (sisi permintaan).

EIA mengakui perbedaan ini dengan menerbitkan faktor penyesuaian kasar dan, secara absolut, angka itu memang menjadi sangat besar.

Dalam data sepekan hingga 8 Mei 2020, faktor penyesuaian dilaporkan sebesar -914.000 barel per hari. Sederhananya, angka 914.000 merupakan margin error, baik sisi suplai maupun permintaan, atau kombinasi keduanya.

Jumlah minyak mentah yang masuk, atau dikirim keluar AS didokumentasikan dengan cukup baik. Begitu juga jumlah yang masuk dan keluar dari tangki penyimpanan dan ke kilang. Jadi, sumber perbedaan yang paling mungkin adalah angka produksi.

Jika faktor penyesuaian memang mencerminkan perkiraan produksi minyak yang berlebihan, perusahaan minyak Amerika bisa memompa sedikitnya 10,6 juta barel per hari.

Itu akan menjadi pengurangan produksi hampir 2,4 juta barel per hari, atau 18 persen, membawa mereka lebih dekat dengan pengurangan yang disepakati oleh OPEC dan sekutunya.

Ada banyak bukti lebih mendalam bahwa AS memproduksi minyak lebih sedikit. Sekarang ada lebih sedikit rig pengeboran untuk minyak di AS daripada bahkan selama kemerosotan 2016, ketika jatuhnya harga minyak membawa akhir booming shale pertama.

Fakta-fakta Konsultansi Global Energi (CFGE) menerbitkan catatan pada 1 Mei yang menyatakan bahwa laporan pendapatan perusahaan mengisyaratkan potensi penurunan 3 juta barel per hari dalam produksi AS pada akhir Juni 2020.

Meskipun Presiden Trump telah berusaha untuk melindungi industri minyak Amerika dan membujuk orang lain untuk memangkas produksi untuk menaikkan harga, pasar tampaknya akan memastikan bahwa tanggung jawab itu akan dibagi.

Pemangkasan minyak AS yang lebih dalam, meskipun tidak disengaja, membantu membawa pasokan dan permintaan global kembali ke keseimbangan lebih cepat, dan menetapkan tahap yang lebih kencang untuk memulai pemulihan minyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper