Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Kebun sawit. - Joshua Paul / Bloomberg
Premium

Permintaan Seret, Minyak Sawit Bakal Senasib dengan Minyak Bumi?

28 April 2020 | 17:35 WIB
Pandemi Covid-19 turut menurunkan permintaan minyak sawit mentah sehingga menimbulkan pertanyaan akankah harga minyak sawit tergelincir layaknya minyak bumi

Bisnis.com, JAKARTA— Permintaan minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) turut tertekan akibat pandemi Covid-19. Akankah minyak nabati itu senasib dengan minyak bumi?

Dikutip dari Bloomberg, Selasa (28/4/2020), penurunan permintaan CPO terekam pada pengiriman asal Malaysia ke India. Ekspor CPO Malaysia turun signifikan yakni 97 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu, mengacu pada data Dewan Minyak Kelapa Sawit Malaysia. Volume 10.806 ton yang direalisasikan pada Maret itu pun menunjukkan level terendah sejak tahun 2000.

Volume ekspor minyak kelapa sawit Malaysia ke India. (Bloomberg)

Adapun, beberapa penyebab seretnya ekspor CPO Malaysia ke India akibat hambatan tarif, penurunan impor terhadap olahan minyak kelapa sawit, depresiasi rupee dan perlambatan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Salah seorang pemilik lembaga analisis minyak kelapa sawit di Singapura, Sathia Varga menyebut volume ekspor pada April diproyeksi menyentuh rekor terendah baru.

“Pada April bisa terlihat angka yang lebih rendah dari 10.000 ton pada pertama kalinya,” katanya.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top