Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bank Indonesia Tegaskan Tidak Ada Skema Khusus Pembelian SBN

BI berperan membeli SBN apabila pasar tidak mampu menyerap. Skema pembelian tidak berbeda dengan dengan tata cara pembelian oleh bank, lembaga nonbank, maupun investor asing.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 09 April 2020  |  16:02 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Kamis (9/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Kamis (9/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan tidak ada skema khusus bagi BI untuk membeli surat berharga negara (SBN).

Perry menjelaskan, BI berperan membeli SBN apabila pasar tidak mampu menyerap. Skema pembelian tidak berbeda dengan dengan tata cara pembelian oleh bank, lembaga nonbank, maupun investor asing.

"SUN yang ditawarkan pemerintah, bentuknya SUN dan SBSN, yang jatuh temponya tergantung, [mekanisme pembelian] sama dengan bank, nonbank, dan investor asing. itu pun last resort. Mekanismenya sama, tidak ada mekanisme khusus," katanya, Kamis (9/4/2020).

Perry menjelaskan, UU BI tidak memungkinkan BI membeli SBN dari pasar primer. Oleh sebab itu melalui perppu yang diterbitkan baru-baru ini memungkinkan BI membeli SBN dari pasar primer jika pasar tidak bisa menyerap dan dengan catatan suku bunga menjadi tinggi.

Seperti diketahui, pemerintah telah menerbitkan tiga surat utang global senilai US$4,3 miliar berjangka 10,5 tahun, 30,5 tahun, dan 50 tahun. Penerbitan SBN tersebut akan memberi ruang pemerintah untuk membiayai defisit fiskal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Obligasi bank indonesia sbn
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top