Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harapan Rekonsiliasi Arab Saudi-Rusia Topang Kenaikan Harga Minyak

Rusia telah menyatakan akan ikut serta dalam pemangkasan produksi minyak.
Kilang minyak./Bloomberg
Kilang minyak./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA — Harga minyak kembali naik pada akhir perdagangan Jumat (3/4/2020) waktu AS, menyusul adanya harapan pemangkasan produksi dari negara-negara produsen utama.

Dilansir dari Antara, Sabtu (4/4), minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak Mei 2020, naik 11,93 persen ke level US$28,34 per barel.

Sementara itu, Brent untuk pengiriman Juni 2020, menguat 13,9 persen menjadi US$34,11 per barel. Kontrak Brent tercatat naik 36,8 persen sepanjang pekan ini, sekaligus menjadi pertumbuhan mingguan tertinggi dalam sejarah kontrak.

Sentimen positif penopang penguatan harga minyak dunia ini datang dari pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Jumat (3/4), yang menyatakan siap ikut serta dalam pemangkasan produksi bersama Arab Saudi dan negara-negara produsen utama lainnya demi menghentikan penurunan harga.

Arab Saudi memang telah menyerukan kesepakatan antara negara-negara OPEC+ demi mengerek kembali harga minyak. Rusia, yang termasuk dalam OPEC+, sebelumnya memegang posisi yang berlawanan dengan Arab Saudi, sehingga memicu penurunan harga yang lebih dalam.

OPEC+ dijadwalkan menggelar pertemuan pada Senin (6/4), dengan harapan dapat mencapai kesepakatan pemangkasan 10 persen dari total pasoka dunia, sekitar 10 juta barel per hari.

Namun, rencana OPEC+ dinilai tak akan banyak berdampak. Kepala Badan Energi Internasional Fatih Birol memperkirakan pasokan minyak global tetap akan naik 15 juta barel per hari pada kuartal II/2020.

Adapun Presiden AS Donald Trump optimistis Arab Saudi dan Rusia bakal mencapai kesepakatan terkait pemangkasan produksi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Annisa Margrit
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper