Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ECB Umumkan Dana Darurat, Bursa Eropa Menguat

Bursa saham Eropa ditutup berbalik menguat pada perdagangan hari ini, Kamis (26/3/2020) setelah Bank Sentral Eropa mengumumkan program dana darurat yang akan menghilangkan batas pembelian obligasi.
Bursa Efek Frankfurt, Jerman./Bloomberg
Bursa Efek Frankfurt, Jerman./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa ditutup berbalik menguat pada perdagangan Kamis (26/3/2020) setelah Bank Sentral Eropa mengumumkan program dana darurat yang akan menghilangkan batas pembelian obligasi.

Dengan hilangnya batas pembelian obligasi, bank sentral memiliki amunisi yang hampir tak terbatas untuk melawan dampak virus corona (COVID-19) terhadap perekonomian zona euro.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 2,55 persen atau 8 poin ke level 321,38. Sementara itu, indeks FTSE MIB Italia dan IBEX 35 Spanyol menguat masing-masing 0,7 persen dan 1,3 persen.

Dilansir dari Bloomberg, investor mengantisipasi rencana anggota parlemen Uni Eropa untuk menyepakati anggaran dana darurat yang akan digunakan untuk meredam dampak virus corona terhadap perekonomian.

Terlepas dari upaya bank sentral yang belum pernah terjadi sebelumnya, para pelaku pasar masih waspada terhadap meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di seluruh dunia.

Berdasarkan data worldometers.info, jumlah kasus yang dikonfirmasi telah melampaui 520,000 kasus dengan total korban meninnggal mencapai 23.000.

"Investor perlu tetap waspada terhadap bagaimana laju pertumbuhan kasus baru dan bagaimana respons pemerintah nantinya," kata Oliver Blackbourn, manajer portofolio multi-aset di Janus Henderson Investors, seperti dikutip Bloomberg.

"Paket dukungan akan membantu meredakan kekhawatiran terhadap kemungkinan hasil ekonomi terburuk bagi individu dan perusahaan,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper