Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Surya Toto Indonesia (TOTO): Permintaan Saniter Berkurang

Turunnya permintaan pasar lokal dan ekspor terlebih dengan adanya perang dagang antara Amerika Serikat dan China membuat perseroan terpaksa mengurangi 1 lini produksi saniter
TOTO Indonesia
TOTO Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten sektor sanitasi, PT Surya Toto Indonesia Tbk. (TOTO) menyatakan pihaknya merasakan dampak akibat dari tekanan dan perlambatan ekonomi regional dan global.

Dikutip dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, manajemen Toto menyatakan turunnya permintaan pasar lokal dan ekspor terlebih dengan adanya perang dagang antara Amerika Serikat dan China membuat perseroan terpaksa mengurangi 1 lini produksi saniter untuk menyesuaikan dengan permintaan pasar.

Dengan berkurangnya jumlah produk yang diproduksi, Cost of Goods Manufacture atau Harga Pokok Produksi (HPP) perseroan meningkat. Padahal, upah karyawan dan overhead atau kebutuhan tambahan tidak dapat diturunkan.

"Dengan naiknya cost of manufactured, maka cost of good sold otomatis juga menjadi tinggi, sehingga laba kotor menjadi turun dan pada akhirnya laba bersih juga berkurang," tulis manajemen dalam keterbukaan informasi, Rabu (25/3/2020).

Berdasarkan surat yang ditandatangani Direktur Setia Budi Purwadi tersebut, perseroan melakukan upaya mitigasi dengan mengurangi lembur karyawan produksi dan karyawan non produksi, sesuai dengan kebutuhan serta melakukan penghematan biaya operasional perseroan pada semua lini.

Selanjutnya, perseroan juga akan melakukan negosiasi kepada pembeli luar negeri untuk meningkatkan penjualan ekspor. Pun, bila permintaan meningkat, perseroan juga berusaha melakukan perawatan atas mesin-mesin produksi agar tetap dalam keadaan prima dan siap pakai.

Terakhir, perseroan menyatakan kondisi keuangannya dalam kondisi sehat dan mampu membiayai kegiatan operasional serta membayar kewajiban sesuai dengan jadwal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper