Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi IHSG Pekan Depan, Positif di Awal

IHSG pada 16 Maret sampai 20 Maret diyakini bergerak di zona hijau di awal namun pada akhir pekan akan kembali mengalami koreksi.
Pengunjung berada didekat papan elektronik yang menampilkan perdagangan harga saham di lantai Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Jumat (13/3). Pada penutupan perdagangan hari ini  Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)  ditutup positif. IHSG berhasil berbalik dari zona merah dan ditutup menguat 11,8 poin (0,2%) ke level 4.907.57. Sementara nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah sore ini kembali ke level Rp 14.800./Dedi Gunawan
Pengunjung berada didekat papan elektronik yang menampilkan perdagangan harga saham di lantai Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Jumat (13/3). Pada penutupan perdagangan hari ini Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup positif. IHSG berhasil berbalik dari zona merah dan ditutup menguat 11,8 poin (0,2%) ke level 4.907.57. Sementara nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah sore ini kembali ke level Rp 14.800./Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada awal pekan depan diperkirakan bergerak positif. Sejumlah sentiment positif dari Amerika Serikat akan membuat investor yakin kembali masuk ke pasar modal.

"Koreksi mungkin akan terjadi di akhir-akhir pekan setelah kenaikan awal pekan. Kami perkirakan support IHSG di level 4.850 sampai 4.639 dan resistance di level 4937 sampai 5040," tulis Hans Kwee, Direktur Anugerah Mega Investama dalam riset yang diterima Bisnis, Sabtu (14/3/2020). 

Stimulus positif itu yakni rencanan bank sentral Amerika Serikat, Federal Reserve menyuntikkan likuiditas ke dalam sistem perbankan Amerika. The Fed juga akan mulai membeli obligasi treasuri di semua tenor, yang dimulai dengan obligasi 30 tahun. Kebijakan ini memberikan sentimen positif pada pasar keuangan Amerika dan dunia.  

Meski begitu larangan turis Eropa masuk ke wilayah Amerika Serikat oleh Presiden Donald Trump mengejutkan pelaku pasar. Langkah ini menurunkan risiko penyebaran virus corona namun dipandang menjadi ancaman bagi bisnis dan ekonomi global.

Pada Kamis (12/3/2020), The European Central Bank (ECB) memutuskan tidak memotong suku bunga berbeda dengan ekspektasi pasar. Hal ini sempat mengecewakan pelaku pasar yang berakibat penurunan bursa saham di kawasan tersebut. 

Sementara itu, kejatuhan harga minyak hampir 25 persen akibat perang harga Rusia dan Arab Saudi sempat memicu panic selling di bursa saham global pada pekan lalu. Tetapi harga minyak mentah West Texas Intermediate dan Brent North Sea di bursa komoditas New York Mercantile Exchange dan London ICE Futures Exchanges telah mulai kembali naik. Stimulus ekonomi sejumlah negara menimbulkan harapan kenaikan permintaan minyak. 

Dari dalam negeri, stimulus pemerintah dan sejumlah kebijakan otoritas keuangan pada penutupan perdagangan Jumat (13/3/2020) mendapat respon positif. Otoritas moneter memangkas GWM valas dari 8 persen menjadi 4 persen. Sementara stimulus fiskal jilid dua sebesar Rp22,9 trilun rupiah digelontorkan untuk membantu sektor manufaktur dan perdagangan. Stimulus jilid dua tersebut berupa relaksasi empat jenis pajak yaitu Pajak Penghasilan (PPh) 21, PPh 22 Impor, PPh badan dan restitusi pajak pertambahan nilai. 

Berbagai stimulus mulai dari dukungan kenaikan pasar Amerika, Eropa dan domestik membuat pelaku pasar disarankan untuk berpikir rasional dengan melakukan pembelian ketika terjadi koreksi di pasar dan tidak panik beli sewaktu harga naik atau panik jual sewaktu harga turun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper