Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BEI: Dana Pensiun dan Asuransi Besar Siap Masuk ke Pasar Pekan Depan

Masuknya perusahaan pengelola dana jangka panjang diharapkan bisa mengembalikan kepercayaan diri investor lokal.
Direktur PT Bursa Efek Indonesia Inarno Djajadi (kedua kiri), didampingi Direktur Hasan Fawzi (dari kiri), Direktur Laksono W. Widodo, dan Direktur I Gede Nyoman Yetna memantau langsung pergerakan perdagangan harga saham melalui layar monitor elektronik di  Jakarta, Juman (13/3/2020). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak ke level 4.656,031 sesaat setelah perdagangan saham dibuka kembali .  Perdagangan saham sempat dihentikan sementara pada pukul 09.15 WIB. Bisnis/Dedi Gunawan
Direktur PT Bursa Efek Indonesia Inarno Djajadi (kedua kiri), didampingi Direktur Hasan Fawzi (dari kiri), Direktur Laksono W. Widodo, dan Direktur I Gede Nyoman Yetna memantau langsung pergerakan perdagangan harga saham melalui layar monitor elektronik di Jakarta, Juman (13/3/2020). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak ke level 4.656,031 sesaat setelah perdagangan saham dibuka kembali . Perdagangan saham sempat dihentikan sementara pada pukul 09.15 WIB. Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com,JAKARTA -  Bursa Efek Indonesia (BEI)menyebut ada beberapa dana pensiun yang menyatakan komitmen untuk masuk ke pasar pada sesi perdagangan, Senin (16/3/2020). BEI juga mengimbau investor untuk tidak panik kendati Indeks Harga Gabungan (IHSG) terkoreksi 5 persen pada sesi pertama perdagangan hari ini, Jumat (13/3/2020).

Direktur Utama BEI Inarno Djajadi mengatakan pada Senin (16/3/2020) mendatang beberapa lembaga pengelola dana panjang siap masuk ke pasar saham untuk membeli saham-saham yang terkoreksi. “Ada beberapa dana pensiun yang komit untuk membeli karena memang saat ini tepat untuk belanja saham-saham bagus. Asuransi dan dana pensiun yang cukup besar,” ujarnya di Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Inarno mengajak para investor agar lebih rasional dengan tidak ikut-ikutan melakukan aksi jual saham. Pasalnya, banyak saham yang terkoreksi saat ini memiliki kinerja yang baik.Seperti diketahui, BEI melaporkan investor asing membukukan aksi jual bersih atau net sell senilai sekitar Rp256,57 miliar pada perdagangan, Kamis (12/3/2020).

Indeks harga saham gabungan (IHSG) terkoreksi 5,01 persen ke level 4.895,748 pada pukul 15:33 WIB. Secara otomatis, perdagangan saham pun dihentikan sekaligus ditutup karena penghentian sementara berlangsung pada pukul 15,33 WIB.

Hari ini, BEI juga menyetop sementara perdagangan saham pada pukul 09.15 WIB setelah indeks terkoreksi 5,01 persen. Perdagangan saham kembali dibuka pada pukul 09.45 WIB. 

Senior Vice President Research PT Kanaka Hita Solvera Janson Nasrial menjelaskan investor asing melakukan aksi jual Rp250 miliar pada, Kamis (12/3/2020). Namun, sayangnya tidak ada perlawanan dari investor lokal.

Dia menyebut seharusnya di tengah gejolak pasar pemerintah dapat masuk ke pasar saham. Salah satunya lewat pembelian kembali saham atau buyback lewat institusi seperti BPJS, Taspen, dan lain-lain.

“Dalam dua hari ini sama sekali tidak ada perlawanan dari institusi lokal terhadap aksi jual asing,” jelasnya.

Janson menilai seharusnya Indonesia bisa meniru Singapura yang memiliki Temasek. Perseroan pelat merah Negeri Singa itu memiliki kemampuan membeli Bank of America saat terjadi subprime mortgage pada 2008.

“2017 dan 2018 kalau tidak salah asing net sell besar tetapi BPJS yang menahan pasar,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper