Ini Alasan XL Axiata (EXCL) Melego 2.782 Menaranya

Wakil Direktur Utama Bali Towerindo Sentra, Lili Hidayat mengatakan perseroan tidak mempersiapkan alokasi anggaran untuk mengakuisisi menara milik perusahaan lain.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 11 Februari 2020  |  14:40 WIB
Ini Alasan XL Axiata (EXCL) Melego 2.782 Menaranya
Teknisi XL Axiata melakukan pemeliharaan perangkat BTS di atas tower yang berlokasi di kawasan Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (14/3/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten telekomunikasi PT XL Axiata Tbk. mendapatkan dana segar senilai Rp4,05 triliun setelah mendivestasikan 2.782 menara.

Emiten berkode saham EXCL itu melakukan penjualan kepada dua emiten yakni PT Sarana Menara Nusantara Tbk. (TOWR) dan PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk. (CENT). Berdasarkan prospektus yang diterbitkan oleh perseroan, penjualan membukukan hasil Rp4,05 triliun atau 21 persen dari ekuitas perseroan per 31 Desember 2019.

Kendati telah dilepas, namun ketiga pihak melakukan perjanjian bahwa pemenang tender akan menjadikan EXCL sebagai penyewa utama di menara-menara itu. Adapun jangka waktu penyewaan akan berlangsung selama 10 tahun  ke depan.

Emiten yang telah melantai sejak 2005 itu melepas menara dengan alasan fokus utama perseroan adalah untuk mengembangkan dan meningkatkan pertumbuhan bisnis utama yakni layanan seluler dan mobile internet.

“Dalam upaya meningkatkan fokus Perseroan pada bisnis utamanya serta melakukan optimalisasi biaya-biaya yang terkait dengan pengelolaan dan pemeliharaan menara telekomunikasi serta prasarana pendukung operasional lainnya, maka Perseroan memutuskan untuk melakukan Transaksi ini,” sebut manajemen pada Selasa (11/2/2020).

Perseroan yakin dapat meningkatkan mutu dan kualitas layanan kepada masyarakat sebagai dampak atas optimalisasi dan efektivitas terhadap biaya operasional serta biaya sarana dan prasarana pendukung.

Selain itu, transaksi ini meningkatkan nilai tambah bagi perseroan dalam jangka panjang karena memperbaiki struktur permodalan dan juga memperoleh persyaratan sewa yang paling kompetitif atas menara melalui mekanisme jual dan penyewaan kembali.

EXCL menargetkan tanggal penyelesaian transaksi akan berakhir sebelum 30 Juni 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
xl axiata

Editor : M. Taufikul Basari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top