Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Akuisisi Menara, Sarana Menara Nusantara (TOWR) Rogoh Rp2,24 Triliun

Akuisisi Menara milik XL Axiata mengantarakan Sarana Menara Nusantara menjadi pemilik dan pengelola menara telekomunikasi terbesar di Indonesia
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 11 Februari 2020  |  13:30 WIB
Teknisi PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melakukan pemeliharaan perangkat pada menara Base Transceiver Station (BTS) di kawasan Lok Baintan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu (15/4/2019). - Bisnis/Rachman
Teknisi PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melakukan pemeliharaan perangkat pada menara Base Transceiver Station (BTS) di kawasan Lok Baintan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu (15/4/2019). - Bisnis/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten menara telekomunikasi PT Sarana Menara Nusantara Tbk. telah merampungkan transaksi jual beli 1.728 unit menara dengan PT XL Axiata Tbk. Sebanyak 50 persen menara yang diakusisi terletak di Jawa dengan konsentrasi eks-Jawa di Sumatera dan di Bali dan Nusa Tenggara.

Wakil Direktur Utama Sarana Menara Nusantara Adam Ghifari mengatakan transaksi dilakukan oleh entitas anak usaha PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo). Transaksi diperkirakan tuntas pada Maret 2020.

Dia menambahkan, Protelindo merogoh kocek sebanyak Rp2,24 triliun untuk mengakuisisi menara milik XL Axiata. Dana akusisi diperoleh perseroan melalui kas internal ditambah dengan pinjaman utang.

“Kami baru-baru ini menandatangani pembelian 1.728 menara dari XL Axiata dengan rasio sewa 1,54 kali.” katanya kepada Bisnis Selasa (11/2) melalui pesan elektronik.

Menurut Adam, emiten bersandi saham TOWR itu akan mendapat tambahan Rp340 mliar per tahun berkat akuisisi 1.728 menara XL Axiata. Penambahan itu berasal dari tambahan penjualan, penyewaan dan kolokasi.

Dalam transaksi peralihan menara ini, TOWR juga mendapatkan 2.600 penyewa anyar. XL Axiata, lanjut Adam juga telah meneken perjanjian sewa kembali selama sepuluh tahun. Transaksi ini juga akan menambah pendapatan perseroan hampir Rp2,9 riliun dan sekaligus menjadikan XL Axiata sebagai klien terbesar TOWR.

Semenatara itu, Presiden Direktur Protelindo Ferdinandus Aming Santoso menambahkan, akuisisi menara XL Axiata turut memperkuat posisi Protelindo sebagai pemilik dan pengelola menara telekomunikasi terbesar di Indonesia dengan kepemilikan sebanyak 21.000 unit.

"Efisiensi operasi kami akan memungkinkan kami untuk mengelola menara tambahan ini secara efisien dan pembelian ini juga akan memberikan kontribusi hasil keuangan positif mulai hari pertama,” ujarnya melalui keterangan resmi, Selasa (11/2/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kinerja emiten aksi emiten
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top