Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

CENT Akusisi 1.054 Menara XL Axiata, Bagaimana Dampaknya ke Pendapatan?

Menara yang diakuisisi tersebut berpotensi memberikan kontribusi tambahan pendapatan.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 11 Februari 2020  |  09:56 WIB
Direktur Utama XL Axiata Ibu Dian Siswarini (Kiri) dan Direktur Utama Centratama Menara Indonesia Yan Raymond (Kanan) saat meresmikan tender akusisi 1.054 menara. sumber: perseroan.
Direktur Utama XL Axiata Ibu Dian Siswarini (Kiri) dan Direktur Utama Centratama Menara Indonesia Yan Raymond (Kanan) saat meresmikan tender akusisi 1.054 menara. sumber: perseroan.

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten menara telekomunikasi PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk. (CENT) telah mengakusisi 1.054 menara PT XL Axiata Tbk. (EXCL). Bagaimana dampaknya terhadap pendapatan perusahaan?

CENT mengakusisi menara EXCL melalui anak usaha PT Centratama Menara Indonesia (CMII). Sekretaris Perusahaan Centratama Telekomunikasi Indonesia Wiwik Septriandewi mengatakan perseroan telah memenangkan tender akusisi tersebut.

“Untuk akuisisi ini entitas usaha mendapatkan dukungan pembiayaan dari DBS Bank Ltd. dan ING Bank N.V. yang juga bertindak sebagai financial advisors,” katanya dalam siaran resmi Senin (10/2/2020).

Menurutnya, menara-menara yang diakuisisi tersebut berpotensi memberikan kontribusi tambahan pendapatan sekitar Rp215 miliar per tahun. Hal itu memperhitungkan lease back yang akan dilakukan XL Axiata untuk penempatan perangkatnya.

CENT, lanjutnya, memperoleh manfaat dari peningkatan kapasitas serta peran yang lebih baik lagi sebagai mitra penyedia infrastruktur bagi seluruh operator telekomunikasi dengan pertumbuhan anorganik.

“CENT berkeyakinan pada masa mendatang industri telekomunikasi nirkabel masih akan terus tumbuh seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan kapasitas layanan seluler. Penambahan menara semakin memperkuat posisi kami sebagai penyedia menara telekomunikasi independen terbesar ke-4 di Indonesia,” ungkapnya.

Pada akhir 2019 CENT mengelola 2.124 menara telekomunikasi dengan rasio tenansi 1,58 kali, serta 841 sites DAS In-Building dengan rasio tenansi 1,97 kali.

Adapun pada 2020, CENT mencadangkan belanja modal sekitar Rp2,7 triliun yang akan digunakan untuk eskpansi organik maupun anorganik, guna mencapai target pertumbuhan tenansi hingga 60 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

centratama telekomunikasi indonesia
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top