Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Robby Sumampow
Premium

Robby Sumampow dan Misteri Saham BRAM

30 Januari 2020 | 11:05 WIB
Kepemilikan saham Robby Sumampow di PT Indo Kordsa Tbk., emiten bersandi saham BRAM berbeda antara data yang dilaporkan PT kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan laporan registrasi bulanan yang disampaikan manajemen ke Bursa Efek Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA — Sosoknya malang melintang dalam pusaran bisnis di Indonesia sejak era Pemerintahan Soeharto. Bahkan dia menjadi salah satu karib dari Jenderal Leonardus Benyamin Moerdani.

Sebagai salah satu taipan kala itu dengan bendera Batara Indra Group, seperti dikutip dari buku Liem Sioe Liong's Salim Group, The Business Pillar of Suharto's Indonesia, yang ditulis Richard Borsuk dan Nancy Chng, Robby Sumampow dekat dengan konglomerasi bisnis Gang of Four, legenda konglomerasi era Orde Baru, yaitu Liem Sioe Liong (Sudono Salim), Sudwikatmono, Djuhar Sutanto, dan Ibrahim Risjad.

Robby Sumampow juga pernah menjadi komisaris PT Citra Marga Nushapala Persada Tbk. hingga 2008. Setelah sempat tenggelam, nama Robby Sumampow kembali berkibar saat dia disebut-sebut membeli saham Hary Tanoesoedibjo di emiten bersandi saham CMNP, yang menandai akhir kongsi bisnis Hary Tanoe dengan Siti Hardiyanti, putri Presiden RI ke dua.

Pada 2017, namanya kembali muncul, saat Robby Sumampow meminjamsewakan lahan di Tenabang, seluas 6.000 meter persegi kepada Pemprov DKI Jakarta, bagi para pedagang di Pasar Tanah Abang.

Di Solo, Robby Sumampow kerap mengundang perhatian publik, diantaranya saat dia menjadi mualaf pada 2013, pencabutan Hak Guna Bangunan Benteng Vastenburg hingga sengketa akta Yayasan Bakti Sosial Surakarta pada 2011.

Sebagai taipan properti, gurita bisnis Robby Sumampow bertebaran dari Solo, Jakarta hingga bisnis resor dan kasino di Pulau Christmas, Australia. Di Jakarta, Robby adalah pemilik International Hailai Executive Club di Ancol.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top