Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Ribuan pengunjung memadati ruang pamer kendaraan di ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) ke-27 tahun 2019 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Minggu (21/7/2019). - ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Premium

Jalan Berbatu yang Mengadang Emiten Otomotif

23 Januari 2020 | 17:48 WIB
Sejumlah tantangan diperkirakan masih mengadang kinerja emiten otomotif pada tahun ini, baik dari domestik maupun eksternal.

Bisnis.com, JAKARTA — Realisasi penjualan sejumlah emiten otomotif melempem sepanjang tahun lalu. Masih banyaknya tantangan dari ketidakpastian global diperkirakan masih menekan kinerja tahun ini.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan penjualan mobil PT Astra International Tbk. (ASII) melemah 7,9 persen menjadi 536.402 unit mobil sepanjang 2019, dibandingkan dengan penjualan pada tahun sebelumnya, yang sebanyak 582.446 unit mobil.

Namun, jika dibandingkan dengan kinerja industri penjualan mobil Indonesia, kinerja ASII ini masih lebih baik. Pasalnya, penjualan mobil domestik tercatat turun 11 persen menjadi 1,02 juta unit mobil pada tahun lalu, dibandingkan dengan penjualan pada 2018, yang sebanyak 1,15 juta unit.

Adapun pangsa pasar penjualan mobil ASII tercatat mencapai 52 persen pada pengujung 2019. Angka ini sedikit lebih baik dibandingkan dengan pencapaian tahun sebelumnya, yang sebesar 51 persen pada pasar penjualan mobil dalam negeri.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor Kazunori Minamide (kanan) berbincang dengan Marketing Director PT Toyota-Astra Motor Anton Jimmy Suwandi di sela-sela peluncuran Toyota GR Supra di ajang GIIAS 2019, di Tangerang, Banten, Selasa (23/7/2019)./Bisnis-Felix Jody Kinarwan

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top