Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sawit Sumbermas Sarana (SSMS) Siapkan Belanja Modal Rp617 Miliar

Sawit Sumbermas Sarana menyiapkan dana Rp444 miliar untuk membangun dan mengembangkan pabrik.

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten perkebunan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. mengalokasikan belanja modal sebesar Rp617 miliar pada 2020.

Jumlah itu naik 50,48% dari alokasi anggaran tahun lalu sebesar Rp410,55 miliar atau setara dengan US$30 juta. Sekretaris Perusahaan SSMS Swasti Kartikaningtyas mengatakan dana itu akan dipakai untuk sektor perkebunan dan non-perkebunan.

“Belanja modal 2020 kami sebesar Rp617 miliar yang terbagi untuk penanaman kebun dan non-perkebunan,” katanya kepada Bisnis pada Senin (13/1/2020).

Swasti menyebutkan modal untuk perawatan perkebunan memerlukan dana sebesar Rp45 miliar. Sementara itu, sisanya sebesar Rp444 miliar akan dipakai oleh perseroan untuk membangun dan mengembangkan pabrik.

Emiten berkode saham SSMS itu akan mengembangkan 2 pabrik existing dan membangun jetty. Jetty adalah bangunan tegak lurus yang diletakkan pada kedua sisi muara sungai yang berfungsi untuk mengurangi pendangkalan alur oleh sedimen pantai.

Selain itu perseroan juga akan membangun 3 unit biogas pada tahun ini. Swasti mengatakan dana yang diperlakukan mencapai Rp129 miliar.

Sebelumnya, Chief Financial Officer (CFO) Sawit Sumbermas Sarana Nicholas J. Whittle mengatakan mulai dari 2017—2020, anggaran belanja modal yang ditetapkan perseroan adalah kurang lebih US$30 juta per tahun.

Rata-rata belanja modal itu akan dipakai untuk menunjang kegiatan operasional seperti pembangunan pabrik baru, penambahan alat kerja, peningkatan infrastruktur dan peremajaan kebun.

Pada perdagangan Selasa (14/1/2020) pukul 14.30, saham SSMS tercatat naik 0,62% ke level Rp805 per saham. Berdasarkan data Bloomberg, volume yang ditransaksikan mencapai 46,58 juta. Sementara selama 2019, saham SSMS terkoreksi sebesar 31,06%.

Catatan Redaksi:

Berita ini sudah mengalami perubahan dari judul sebelumnya "Rancang Ekspansi, Eagle High Plantations (BWPT) Siapkan Belanja Modal Rp617 Miliar" menjadi "Sawit Sumbermas Sarana (SSMS) Siapkan Belanja Modal Rp617 Miliar"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper