Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Sosok Komisaris Utama Antam (ANTM) Pengganti Fachrul Razi

Pengangkatan itu berbarengan dengan perombakan direksi Antam yang dilakukan dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) yang berlangsung Kamis (19/12/2019).
Mayor Jenderal TNI Agus Surya Bakti/Antara
Mayor Jenderal TNI Agus Surya Bakti/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemegang saham emiten BUMN sektor pertambangan, PT Aneka Tambang Tbk. mengangkat Agus Surya Bakti menjadi Komisaris Utama perseroan menggantikan Fachrul Razi yang saat ini menjabat sebagai Menteri Agama dalam Kabinet Indonesia Maju.

Sosok Agus Surya Bakti juga merupakan purnawirawan perwira tinggi TNI. Tercatat, jabatan terakhir Agus ialah sebagai Sekretaris Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan HAM Wiranto periode 2018-2019.

Pengangkatan itu berbarengan dengan perombakan direksi Antam yang dilakukan dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) yang berlangsung Kamis (19/12/2019). Dalam RUPSLB tersebut, pemegang saham Antam mengangkat Dana Amin sebagai Direktur Utama, Anton Herdianto sebagai Direktur Keuangan, dan Rosono sebagai Direktur Pengembangan Usaha.

Dalam keterangan resminya, komisaris utama Antam yang baru akan diberikan tugas sebagai pengawas dan penasehat direksi.

Selain itu, Dewan Komisaris bertugas untuk mengawasi perkembangan proyek pengembangan strategis. Misalnya, proyek hilir seperti proyek pembangunan pabrik feronikel haltim (P3FH).

Emiten berkode saham ANTM itu akan membangun pabrik dengan kapasitas produksi sebesar 13.500 ton nikel. Rencananya pabrik anyar itu akan beroperasi pada 2020.

ANTM pun tengah membangun proyek Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) yang bekerja sama dengan PT Inalum (Persero) dengan kapasitas 1 juta ton. Adapun, proyek itu memakan dana US$850 juta dan ditargetkan memulai initial production SGAR pada 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Ana Noviani

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper