Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Reli Harga Sawit Membuat Konsumen Terbesar Cemas

Reli meteorik harga minyak sawit dalam beberapa minggu terakhir hampir pasti akan memberatkan pelangganya. Penjualan pun diperkirakan akan menyusut ke pelanggan terbesarnya.
Karyawan mengamati Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO), di galeri Bursa Berjangka Komoditi , Jakarta, Senin (15/5)./JIBI-Endang Muchtar
Karyawan mengamati Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO), di galeri Bursa Berjangka Komoditi , Jakarta, Senin (15/5)./JIBI-Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA - Reli meteorik harga minyak sawit dalam beberapa minggu terakhir hampir pasti akan memberatkan pelangganya. Penjualan pun diperkirakan akan menyusut ke pelanggan terbesarnya.

India, pembeli terbesar dunia, akan mengalihkan beberapa pembelian ke minyak nabati lainnya pada musim dingin ini setelah lonjakan sekitar 30% dari level terendah bulan lalu. Diskon kelapa sawit untuk minyak kedelai saingan utama telah mengecil ke dalam terkecil dalam hampir satu dekade, mengurangi daya tarik tradisional sebagai minyak nabati yang lebih murah.

"Harga yang lebih tinggi dihindari para pembeli. Pasar India dibanjiri dengan minyak sebelum reli ini mulai memanas. Itu sebabnya tidak perlu terburu-buru untuk membeli," kata Gnanasekar Thiagarajan, kepala strategi perdagangan dan lindung nilai di Kaleesuwari Intercontinental dilansir dari Bloomberg, Sabtu (30/11/2019).

Sementara India biasanya mengurangi impor minyak kelapa sawitnya selama tiga bulan mulai Desember, penurunan penjualan yang lebih besar dari biasanya ke negara Asia Selatan akan mengurangi reli kelapa sawit. India terutama mengimpor kelapa sawit dari Indonesia dan Malaysia, produsen terbesar di dunia.

Harga minyak sawit telah melonjak sejak Juli di tengah ekspektasi Indonesia akan meningkatkan konsumsi biodiesel, dengan patokan berjangka di Kuala Lumpur mengungguli minyak kedelai yang diperdagangkan di Chicago dan Bloomberg Commodity Index.

Harga sawit berjangka membatasi kenaikan mingguan terbaik mereka sejak 2016 dalam lima hari hingga 22 November.

Menurut Thiagarajan, impor India mungkin merosot sekitar 15% dalam tiga bulan dari 1 Desember dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Sathia Varqa, pemilik Palm Oil Analytics, dan G. G. Patel, managing partner GGN Research, memperkirakan bahwa pembelian akan turun 7,5% menjadi 2,2 juta ton.

Negara Asia Selatan, yang mengimpor sekitar 70% dari minyak nabati, biasanya memotong kelapa sawit di musim dingin karena dingin memadatkan minyak dan membuatnya keruh. Pengguna cenderung beralih ke minyak lain yang terlihat transparan dan tidak mengkristal.

Pemilik Palm Oil Analytics Varqa mengatatkan, meskipun kelapa sawit masih lebih murah daripada minyak kedelai, penyebarannya telah menyempit menjadi sekitar US$10 per ton dari US$150 pada Oktober. Diskon yang menyusut ke soyoil kemungkinan akan mendorong pembeli untuk beralih.

Namun, mereka yang putus asa untuk kelapa sawit akan memiliki banyak pilihan selain membeli dengan harga lebih tinggi. Rajesh Modi, seorang pedagang di Sprint Exim Pte di Singapura mengatakan, beberapa perusahaan menunda pembelian di tengah percekcokan antara India dan Malaysia bulan lalu dan terjebak dalam posisi reli.

"Pembeli yang ingin stok kembali akan ingin melakukannya sebelum pungutan ekspor di Malaysia dan Indonesia dimulai tahun depan. Mereka menunggu harga turun dan kemudian akan membeli. Selama dua bulan mereka menahan diri secara agresif dan hanya membeli level minimum. Sekarang mereka tidak punya banyak stok dan tidak punya pilihan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper