Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Petani Kopi Brasil Manfaatkan Reli Harga

Para petani kopi di Brasil, produsen dan eksportir top dunia, mengambil keuntungan dari reli komoditas baru-baru ini untuk mengunci penjualan pada 2020.
Ceri kopi yang dipanen dikumpulkan di sebuah perkebunan di Sao Joao da Boa Vista, Brasil 6 Juni 2019./ REUTERS - Amanda Perobelli
Ceri kopi yang dipanen dikumpulkan di sebuah perkebunan di Sao Joao da Boa Vista, Brasil 6 Juni 2019./ REUTERS - Amanda Perobelli

Bisnis.com, JAKARTA - Para petani kopi di Brasil, produsen dan eksportir top dunia, mengambil keuntungan dari reli komoditas baru-baru ini untuk mengunci penjualan pada 2020.

Anggota Cooxupe, koperasi penanam kopi terbesar, berkomitmen dalam 45 hari terakhir untuk meneruskan penjualan 1,5 juta kantong kopi untuk panen 2020. Itu membuat total penjualan untuk panen tahun depan menjadi 2,5 juta kantong, atau tiga tingkat terlihat saat ini untuk tanaman 2018, musim dengan hasil tinggi sebelumnya. Satu kantong beratnya 60 kilogram, atau 132 pound.

"Petani hanya menjual saat reli harga," kata Lucio Dias, direktur komersial Cooxupe yang berbasis di Minas Gerais seperti dikutip dari Bloomberg, Sabtu (30/11/2019).

Kopi arabika berjangka yang diperdagangkan di New York telah melonjak sekitar 27% dari level terendah baru-baru ini pada pertengahan Oktober. Keuntungan didorong oleh kekhawatiran baru-baru ini atas pasokan Brasil.

Temperatur yang sangat panas dan curah hujan yang tidak merata pada bulan September telah menimbulkan pertanyaan tentang panen tahun depan setelah tanda-tanda bahwa panen 2019 akan berakhir lebih kecil dari yang diharapkan.

Sementara, banyak petani lebih suka mengunci harga sekarang, daripada bertaruh pada ekspektasi untuk kenaikan yang berkelanjutan. Itu mungkin sebagian karena 2020 akan menjadi bagian hasil tertinggi dari siklus tanaman dua tahunan, yang berarti pasokan masih bisa berlimpah bahkan dengan kekhawatiran cuaca.

"Cooxupe belum memberikan perkiraan panen tahun depan, karena masih terlalu dini untuk prediksi yang akurat," kata Dias.

Pada 2018, musim panen tinggi sebelumnya, koperasi mengumpulkan sekitar 6,5 juta kantong biji arabika.
Di luar koperasi Cooxupe, keputusan petani lebih beragam. Ada kasus Cesar Di Giacomo, seorang petani yang berbasis di Minas Gerais selatan. Dia tidak mengunci selama reli terbaru karena dia sudah menjual begitu banyak untuk panen 2020.

Dia mengatakan, dirinya juga berada di posisi yang baik untuk 2021, dan sekarang sedang menunggu kesempatan untuk mengunci harga untuk 2022.

Di sisi lain, petani seperti Rodrigo de Freitas Silva, dari negara bagian Sao Paulo, yang belum menjual kantong tunggal untuk 2020. Dia bertaruh bahwa harga akan terus naik, tetapi sekarang dia mulai memikirkan kembali rencananya.
"Saya mungkin menjual sesuatu minggu ini. Tapi secara umum, aku agak ragu mengenai posisi mana yang harus aku ambil."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper