Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bursa Eropa Melemah dari Level Tertinggi Empat Tahun

Bursa saham eropa ditutup berbalik melemah pada perdagangan Selasa (19/11/2019) karena kurangnya kejelasan tentang kemajuan pembicaraan perdagangan antara Amerika Serikat dan China.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 20 November 2019  |  06:03 WIB
Indeks Bursa Eropa - Reuters
Indeks Bursa Eropa - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham eropa ditutup berbalik melemah pada perdagangan Selasa (19/11/2019) karena kurangnya kejelasan tentang kemajuan pembicaraan perdagangan antara Amerika Serikat dan China.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup melemah 0,12 persen ke level 405,50, setelah sempat menguat hingga 0,5 persen ke level tertinggi sejak Juli 2015 di awal perdagangan.

Dilansir Reuters, laporan menunjukkan pada hari Senin bahwa Beijing pesimis terhadap prospek kesepakatan perdagangan dengan Washington, yang mengirim pasar dalam kegelisahan.

Namun beberapa bantuan datang setelah pemerintahan Trump mengeluarkan perpanjangan baru 90 hari yang memungkinkan perusahaan AS untuk terus melakukan bisnis dengan Huawei Technologies China.

"Ada banyak optimisme perdagangan yang telah diperkirakan, meskipun ada sinyal yang beragam," kata Craig Erlam, analis pasar di Oanda.

"Ini hanya beberapa konsolidasi keuntungan pada titik ini karena indeks telah menguat," lanjutnya, seperti dikutip Reuters.

Penguatan sektor defensif seperti utilitas dan telekomunikasi yang menjadi tempat pelarian bagi investor di sesi sebelumnya mulai mereda. Kedua sektor melemah masing-masing 0,4 persen dan 0,9 persen.

Sektor media menjadi salah satu penekan indeks menyusul penurunan 23% penyedia satelit berbasis Luxemburg SES setelah ketua Komisi Komunikasi Federal mendukung adanya lelang secara daripada lelang spektrum pribadi untuk jaringan nirkabel 5G.

Produsen mobil rebound dari sesi terburuk mereka dalam lebih dari sebulan karena data menunjukkan registrasi mobil penumpang di Eropa naik ke level tertinggi sejak 2009 pada Oktober.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa eropa
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top