Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indeks Stoxx Dekati Level Tertinggi 2 Tahun. Ini Sentimennya

Optimisme atas pembicaraan perdagangan mendorong bursa saham Eropa pada perdagangan Senin (4/11/2019)
Grafik indeks harga saham Jerman DAX digambarkan di bursa saham di Frankfurt, Jerman, 18 September 2019./Reuters
Grafik indeks harga saham Jerman DAX digambarkan di bursa saham di Frankfurt, Jerman, 18 September 2019./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Optimisme atas pembicaraan perdagangan mendorong bursa saham Eropa pada perdagangan Senin (4/11/2019), sedangkan laporan pendapatan yang kuat oleh Ryanair mengangkat saham emiten Irlandia ini ke level tertinggi lebih dari satu terakhir.

Emiten tambang dan produsen mobil dan suku cadang Eropa menjadi yang paling aktif mendorong indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 1 persen ke level tertinggi sejak Januari 2018.

Bursa saham Perancis mencapai level tertinggi 12 tahun, sementara saham Jerman berakhir ke level tertinggi sejak Juni tahun lalu. Di antara sektor-sektor lain, lonjakan harga minyak membuat saham energi mencatat kinerja terbaik mereka dalam tujuh minggu terakhir, sementara saham bank zona euro melonjak 2,5 persen.

Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross mengatakan pada hari Minggu bahwa ijin perusahaan AS untuk menjual komponen ke Huawei Technologies Co akan tiba dalam waktu dekat.

Analis juga menunjuk pada keputusan mengenai rencana pengenaan tarif AS untuk barang-barang Eropa yang akan dirilis pekan depan.

"Saham Eropa lebih tinggi secara keseluruhan karena ekspektasi bahwa kita mungkin melihat pemerintahan Trump menunda tarif baru yang seharusnya memukul produsen mobil Uni Eropa," kata Edward Moya, kepala analias pasar di OANDA.

Sektor otomotif menguat 2,9 persen, didukung juga oleh laporan bahwa Fiat Chrysler dan Peugeot PSA akan menandatangani perjanjian merger final pada awal bulan depan.

"Ada harapan yang tumbuh bahwa kita bisa melihat orang Eropa memiliki waktu yang jauh lebih mudah untuk bernegosiasi dengan pemerintahan Trump daripada apa yang telah kita lihat sejauh ini dengan China," katanya, menambahkan bahwa optimisme juga berasal dari harapan bahwa ketua ECB baru Christine Lagarde akan memberikan stimulus fiskal.

Lagarde akan menyampaikan pidato pertamanya sebagai presiden Bank Sentral Eropa di sebuah acara pada hari yang sama. Sebuah survei menunjukkan moral investor zona euro yang pulih kembali pada bulan November juga menambah sentimen positif.

Indeks utama Eropa telah menyentuh level tertinggi sejak puncak tertinggi sepanjang masa pada April 2015 untuk menandai awal yang kuat untuk minggu ini setelah kenaikan empat minggu.

Sementara itu, saham Ryanair menguat 8,5 persen ke level tertinggi satu tahun setelah maskapai berbiaya rendah ini (low-cost carrier) mencatat anggaran di atas ekspektasi laba semester pertama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper