Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

China Bakal Tambah Impor Batu Bara, Indonesia Bakal Diuntungkan

Konsumen batu bara terbesar dunia, China, diperkirakan akan meningkatkan impor pada tahun ini. Sebagai importir utama komoditas tersebut, Indonesia pun bakal ketiban pulung dari situasi ini, ketimbang Australia.  
Tambang batu bara./Bloomberg-Luke Sharrett
Tambang batu bara./Bloomberg-Luke Sharrett

Bisnis.com, JAKARTA – Konsumen batu bara terbesar dunia, China, diperkirakan akan meningkatkan impor pada tahun ini. Sebagai importir utama komoditas tersebut, Indonesia pun bakal ketiban pulung dari situasi ini, ketimbang Australia.  

Zeng Hao, analis di konsultasi Fenwei Energy Information Services mengatakan, pembelian batu bara asing oleh China dalam sembilan bulan pertama telah melaju lebih cepat dari tahun lalu hampir 10%.

“Hal itu menunjukkan bahwa akan sulit untuk memiliki impor pada tingkat yang sama seperti tahun lalu, sementara kenaikan sangat dimungkinkan,” katanya dikutip dari Bloomberg, Minggu (3/10/2019).

Situasi ini mengingatkan pada usaha China melawan perubahan iklim. Sebab negara tersebut menyumbang setengah dari produksi dan konsumsi bahan bakar planet ini. Beijing harus menyeimbangkan penyediaan panas dan listrik yang terjangkau bagi penduduknya, serta janjinya yang lebih luas membatasi emisi karbon.

China sendiri secara teratur mencoba mengendalikan impor untuk membantu penambang dalam negeri dengan membatasi jumlah batu bara yang bersaing yang berasal dari luar negeri.

Namun, pertumbuhan ekonomi yang melambat pada tahun ini, sedangkan daya tarik batubara asing yang lebih murah, kemungkinan akan menjauhkan para pembuat kebijakan untuk mengulangi pembatasan impor pada 2018.

Zhai Yu, konsultan senior di Wood Mackenzie Ltd. mengatakan, ekonomi yang melambat akibat perang dagang memaksa perusahaan-perusahaan di China untuk menghembat anggaran. Kemudian, rencana China untuk menurunkan harga listrik bagi pengguna industri dan komersial sebesar 10% tahuni ini, menambah dorongan ekstra untuk mencari bahan bakar lebih murah.

"Harga batu bara yang lebih rendah diperlukan untuk memangkas harga listrik. Batu bara impor memiliki keunggulan itu,” katanya.

Sementara itu, China telah menghentikan beberapa kargo batu bara di pelabuhan utama di musim panas setelah impor melampaui level 2018. Batu bara Australia menjadi sasaran perlambatan kelonggaran bea cukai yang oleh beberapa pengamat dikaitkan dengan ketegangan politik dengan Canberra.

Namun, hanya dua bulan lagi sebelum tahun ini berakhir, prospek ketatnya tindakan keras China terhadap pembelian di luar negeri memudar dengan cepat.

"Sulit untuk memperketat impor dalam dua bulan terakhir, terutama untuk perusahaan listrik,” kata Wood Mackenzie's Zhai.

Menurut Zhai, biasanya diperlukan waktu untuk menyelesaikan pembelian batu bara dari penandatanganan kontrak hingga pengiriman. Alhasil, perusahaan-perusahaan akan sudah menandatangani kesepakatan pengiriman batu bara ke luar negeri pada November dan Desember.

Bahkan penghentian impor pada 2018 memungkinkan keringanan bagi perusahaan yang sangat membutuhkan bahan bakar untuk memastikan pasokan daya yang cukup untuk pemanasan musim dingin.

Analis Zeng mengatakan, ketika China mungkin belum menghentikan bea cukai di pelabuhan-pelabuhan, saat impor telah meningkat secara signifikan, pembatasan-pembatasan itu tampaknya tidak seketat tahun lalu. “Pemberitahuan adanya pembatasan mungkin akan disampaikan secara verbal alih-alih secara tertulis, yang dapat menambah ketidakpastian.” katanya.

DIUNTUNGKAN

Australia Whitehaven Coal Ltd. mengatakan pekan lalu bahwa pasar sekarang berspekulasi China kemungkinan mengizinkan hingga sekitar 300 juta ton impor tahun ini, dari 281 juta ton pada 2018. 

“Namun, pemenang dari relaksasi kebijakan mungkin tidak merata,” kata Zeng .

Pemasok dari Indonesia dan Mongolia dapat memperoleh manfaat lebih dari penambang Australia, yang hubungannya dengan Beijing tetap lebih suram, meski ada protes yang bertentangan dengan Canberra.

Ding Yihong, kepala analis di Huaxi Securities mengatakan, pertumbuhan impor sejauh ini tahun ini sebagian disebabkan oleh kesengsaraan pasokan domestik setelah runtuhnya tambang pada Januari di provinsi Shaanxi, China utara.

"Harga batu bara yang lebih murah di luar negeri juga telah mendorong pembelian dari China," katanya.

Harga batu bara acuan Australia untuk batu bara termal telah merosot 34% tahun ini menjadi US$67,50 per ton. Harga spot domestik di Qinhuangdao turun kurang dari 2% menjadi sekitar US$80,80 per ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper