Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Angela Dorong Saham Grup MNC Menghijau, Bagaimana Prospek Selanjutnya?

Berdasarkan data Bloomberg, mayoritas saham MNC Group melaju ke zona hijau pada penutupan perdagangan Jumat (25/10/2019).
Wakil Menteri Pariwisata Angela Tanoesoedibjo
Wakil Menteri Pariwisata Angela Tanoesoedibjo

Bisnis.com, JAKARTA - Mayoritas saham Grup MNC melaju di zona hijau pada perdagangan Jumat (25/10/2019) atau setelah putri sulung pemilik Grup MNC Hary Tanoesoedibjo, Angela Tanoesoedibjo dilantik sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Kabinet Indonesia Maju.

Berdasarkan data Bloomberg, mayoritas saham MNC Group melaju ke zona hijau pada penutupan perdagangan Jumat (25/10/2019). Kenaikan harga tertinggi dibukukan oleh saham PT MNC Studios International Tbk. (MSIN) yakni 6,58% ke level Rp486.

Adapun, sejumlah saham lainnya seperti PT Global Mediacom Tbk. (BMTR), PT Bank MNC Internasional Tbk. (BABP, PT MNC Kapital Indonesia Tbk. (BCAP). dan PT MNC Land Tbk. (KPIG) naik tipis.

Sementara itu, saham PT MNC Vision Networks Tbk. (IPTV), PT MNC Sky Vision Tbk. (MSKY), PT MNC Investama Tbk. (BHIT) ditutup stagnan. Hanya saham PT Media Nusantara Citra Tbk. (MNCN) yang berakhir di zona merah.

Angela Dorong Saham Grup MNC Menghijau, Bagaimana Prospek Selanjutnya?

Sentimen Sesaat

Kepala Riset Samuel Sekuritas Indonesia Suria Dharma memperkirakan momentum pelantikan hanya menjadi sentimen sesaat terhadap laju saham MNC Group. Adapun, prospek jangka panjang saham MNC Group lebih didorong rencana ekspansi perseroan.

Menurutnya, program-program pemerintah mendatangkan lebih banyak wisatawan bakal menjadi sentimen positif bagi saham-saham di industri media dan properti yang terkait dengan pariwisata.

"Ini terkait dengan kebutuhan promosi dan properti yang berkaitan dengan wisata," katanya pada Jumat (25/10/2019).

Sebagai informasi, salah satu anggota MNC Group yang bergerak di industri media yakni PT Media Nusantara Citra Tbk. Adapun, di industri properti yakni PT MNC Land Tbk.

Baru-baru ini, MNC Land menginformasikan tengah mengembangkan proyek real estat di Lido, Bogor. Selain itu, emiten bersandi saham KPIG ini tengah melakukan pembangunan Trump International Resort, golf club, dan residences di Bali. Perusahaan mengalokasikan belanja modal sekitar Rp2,5 triliun untuk kedua proyek tersebut.

Suria memproyeksikan pengembangan proyek di Lido dan Bali bakal menjadi sentimen positif bagi saham perseroan. Meski demikian, saham MNCN menjadi top pick analis di saham MNC Group.

"[MNCN] karena sektornya cukup menarik. Dia juga menjadi leader di industrinya dengan jumlah penonton dan rating tinggi di beberapa program," imbuhnya.

Kinerja Saham Emiten-Emiten Grup MNC

Kode

Harga

Pertumbuhan (%)

Ytd (%)

MNCN

Rp1.340

-0,37

94,2

BMTR

Rp404

1

66,94

BABP

Rp51

2

2

BCAP

Rp156

1,96

3,31

KPIG

Rp142

2,9

2,16

MSIN

Rp486

6,58

55,77

IPTV*

Rp500

0

106,61%

MSKY

Rp970

0

28,48

BHIT

Rp74

0

27,59

Sumber: Bloomberg, per 25 Oktober 2019, * Listing 8 Juli 2019

Kepala Riset Koneksi Kapital Alfred Nainggolan berpendapat peningkatan saham-saham grup MNC didorong oleh faktor pemilihan Angela Tanoesoedibjo menjadi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kabinet Indonesia Maju.

“Sejauh ini belum ada sentiment lain yang bisa mendongkrak laju saham MNC kecuali adalah pengangkatan Angela sebagai Wakil Menteri. Pasalnya sampai dengan saat ini perseroan belum juga melaporkan laporan keungan kuartal III/2019,” katanya kepada Bisnis pada Jumat (24/10/2019).

Alfred menambahkan dalam 3 bulan terakhir emiten-emiten MNC juga kerap menunjukkan laju yang apik. Meskipun seperti yang diketahui laju IHSG cenderung berat dalam kurun waktu tersebut.

Angela Dorong Saham Grup MNC Menghijau, Bagaimana Prospek Selanjutnya?

“Meskipun kinerja fundamental belum menunjukkan penguatan tapi mereka masih dapat bertahan padahal emiten grup lain cenderung terkoreksi ketika IHSG turun beberapa waktu belakangan. Ini bagus buat mereka,” sebutnya.

Lebih lanjut, Alfred mengatakan pasar sedang menanti kelanjutan kerja sama antara MNC dengan Trump yang akan membangun kawasan properti mewah di Jawa Barat. “Pasar masih menunggu implementasinya danjuga kondisi global,” katanya.

Dihubungi secara terpisah, analis PT Binaartha Parama Sekuritas Nafan Aji Gustama mengatakan pasar mulai terdorong karena terpilihnya anak dari Bos MNC Grup Hari Tanoesoedibjo sebagai wakil menteri.

“Menariknya ketika IHSG memerah signifikan, justru saham MNC grup mayoritas oke. Ada efek positif dari pelantikan Angela menjadi Wamen,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper