Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laporan Kinerja Emiten Jadi Fokus Investor, Wall Street Menguat

Penguatan indeks tertahan oleh  penurunan prospek pendapatan Texas Instruments Inc, yang juga mendorong indeks semikonduktor ke zona merah.
Marka jalan di dekat New York Stock Exchange (NYSE) di Manhattan, New York City/REUTERS/Andrew Kelly
Marka jalan di dekat New York Stock Exchange (NYSE) di Manhattan, New York City/REUTERS/Andrew Kelly

Bisnis.com, JAKARA – Bursa saham Amerika Serikat menguat pada perdagangan Rabu (23/10/2019) karena investor mengabaikan laporan kinerja Boeing Co dan Caterpillar Inc yang lemah.

Namun, penguatan indeks tertahan oleh  penurunan prospek pendapatan Texas Instruments Inc, yang juga mendorong indeks semikonduktor ke zona merah.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup menguat 45,85 poin atau 0,17 persen ke level 26.833,95, sedangkan indeks S&P 500 menguat 8,53 poin atau 0,28 persen ke 3.004,52 dan Nasdaq Composite naik 15,50 poin atau 0,19 persen ke 8.119,79.

Saham Boeing dan Caterpillar menguat lebih dari 1 persen meskipun kinerja kedua emiten kurang memuaskan. Boeing melaporkan penurunan laba kuartal III sebesar 53 persen tetapi menegaskan kembali jadwal untuk kembali terbangnya pesawat Boeing 737 Max.

Sementara itu, penjualan Caterpillar di Asia anjlok, namun perusahaan mengatakan tarif dari perang perdagangan AS-China akan memiliki dampak yang lebih kecil pada bisnisnya daripada perkiraan sebelumnya.

Dengan tidak adanya perkembangan baru dalam kesepakatan perdagangan, fokus investor beralih ke laporan pendapatan dan pengumuman lainnya dari emiten.

Sejumlah analis mengatakan saham Boeing dan Caterpillar cukup tahan banting, karena penurunan laba perusahaan telah diperkirakan mengingat tantangan yang mereka hadapi sepanjang tahun ini.

"Caterpillar tentu saja dilanda dampak perang dagang, jadi itu tidak terlalu mengejutkan. Boeing memiliki masalah sendiri dari perspektif 737 Max," kata Shannon Saccocia, kepala investasi di Boston Private, seperti dikutip Reuters.

Di sisi lain, saham Texas Instruments jatuh 7,5 persen setelah produsen chip ini memproyeksikan pendapatan kuartal keempat di bawah perkiraan Wall Street. Penurunan proyeksi ini menyeret saham emiten semikonduktor lain, termasuk Intel Corp dan Broadcom Inc. Philadelphia SE Semiconductor Index turun 1,9 persen.

Sementara itu, penguatan saham Apple Inc dan Facebook Inc turut menopang indeks utama.

Saham Apple naik 1,3 persen setelah Morgan Stanley mengatakan layanan streaming video yang akan segera diluncurkan, Apple TV+, dapat meningkatkan pendapatan sektor layanan produsen iPhone tersebut.

Sementara itu, saham Facebook naik 2,1 persen setelah CEO Mark Zuckerberg berusaha meyakinkan anggota parlemen AS mengenai proyek mata uang digital yang perusahaan, Libra.

Saham Nike Inc turun 3,4 persen setelah perusahaan pakaian olahraga ini mengumumkan bahwa CEO perusahaan, Mark Parker, akan mundur tahun depan. Nike menunjuk John Donahoe, CEO ServiceNow Inc, sebagai penerus Parker. Saham ServiceNow turun 3,6 persen.

Saham produsen perangkat medis Boston Scientific Corp dan pembuat peralatan laboratorium Thermo Fisher Scientific Inc melonjak setelah kedua perusahaan melaporkan kinerja kuartal III yang kuat. Saham Boston Scientific menguat 5,0 persen dan Thermo Fisher ditutup naik 5,7 persen.

Pergerakan bursa saham Amerika Serikat

Indeks

Level

Perubahan (persen)

Dow Jones

24.833,95

+0,17

S&P 500

3.004,52

+0,28

Nasdaq

8.119,79

+0,19

Sumber: Reuters

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper