Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harapan Kesepakatan Brexit Dongkrak Bursa Eropa Naik Tajam

Bursa Eropa melonjak ke level tertingginya dalam hampir tiga bulan pada akhir perdagangan Selasa (15/10/2019), didorong pemberitaan bahwa para negosiator berada di ambang kesepakatan yang akan menghindari kekacauan soal Brexit.
Indeks Bursa Eropa/Reuters
Indeks Bursa Eropa/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa Eropa melonjak ke level tertingginya dalam hampir tiga bulan pada akhir perdagangan Selasa (15/10/2019), didorong pemberitaan bahwa para negosiator berada di ambang kesepakatan yang akan menghindari kekacauan soal Brexit.

Berdasarkan data Reuters, indeks Stoxx 600 Eropa ditutup naik tajam 1,1 persen. Sejumlah indeks regional utama seperti DAX Jerman dan CAC 40 Prancis membukukan kenaikan serupa, sedangkan indeks saham di Irlandia melonjak hampir 3 persen.

Saham-saham Irlandia, yang sangat bergantung pada bisnis di Inggris dan dipandang sebagai barometer kekhawatiran pasar tentang perpisahan Inggris dari Uni Eropa (Brexit), mencapai level tertinggi dalam lebih dari setahun.

Dua pejabat Uni Eropa menuturkan bahwa laporan Bloomberg tentang kesepakatan Brexit yang akan segera terjadi sebagai hal yang "prematur".

Namun, pejabat ketiga mengungkapkan telah terjadi beberapa "konvergensi pandangan yang serius" dalam pembicaraan teknis sementara kepala perunding Uni Eropa Michel Barnier dan pejabat senior lainnya mengutarakan adanya progres.

Tetap saja, setiap kesepakatan baru masih harus diajukan ke parlemen Inggris yang terkenal telah menolak beberapa upaya mantan Perdana Menteri Theresa May untuk meloloskan kesepakatan yang disetujui dengan Brussels.

"Ada indikasi bahwa ini bisa menjadi pilihan yang lebih enak dibandingkan dengan kesepakatan May yang telah ditolak tiga kali sebelumnya. Ini jelas perkembangan yang bagus,” ujar Andrea Cicione, kepala strategi di TS Lombard, dikutip Reuters.

Wacana positif seputar Brexit pun mendorong penguatan nilai tukar pound sterling. Indeks FTSE 100 London yang berisikan perusahaan-perusahaan dengan fokus secara internasional terbebani, tetapi indeks midcap yang fokus di dalam negeri naik 1,3 persen.

Saham bank-bank Inggris seperti Lloyds, Royal Bank of Scotland, dan Barclays, beberapa yang dianggap paling rentan terhadap ketidakpastian ekonomi Inggris dan Brexit, naik antara 4 persen dan 5 persen.

Turut meningkatkan sentimen pasar adalah awal yang optimistis untuk musim laporan kinerja keuangan kuartalan di Amerika Serikat. Baik J.P Morgan maupun Johnson & Johnson melaporkan hasil yang lebih baik dari perkiraan.

"Peluncuran musim pelaporan dapat mendukung sentimen hari ini karena pasar mencoba mencermati beberapa angka positif yang datang dari Amerika Serikat,” jelas ahli strategi ekuitas Societe Generale Eropa Roland Kaloyan.

Indeks bank Eropa menguat 2,5 persen, terbesar di antara sektor-sektor utama, sedangkan peritel naik 2,4 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper