Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aksi Demo Pengaruhi Lelang SUN, Investor Memilih Wait and See

Mirae Asset Sekuritas Indonesia menyebut lelang Surat Utang Negara (SUN) yang digelar kemarin kurang bertenaga akibat sikap investor yang wait and see sehingga penawaran masuk hanya sebesar Rp34,06 triliun. 

Bisnis.com, JAKARTA—Mirae Asset Sekuritas Indonesia menyebut lelang Surat Utang Negara (SUN) yang digelar kemarin kurang bertenaga akibat sikap investor yang wait and see sehingga penawaran masuk hanya sebesar Rp34,06 triliun. 

Dikutip dari hasil risetnya, Rabu (25/9/2019), analis fixed income Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Dhian Karyantono mengatakan, penawaran masuk pada lelang kemarin di bawah rata-rata penawaran masuk sepanjang tahun 2019 yang mencapai Rp49 triliun.

Menurutnya, penurunan penawaran yang masuk mengindikasikan sikap wait and see akibat ketidakstabilan politik dalam negeri.

"Sebelumnya, instabilitas politik dalam negeri juga direspons negatif oleh pelaku pasar yang salah satunya tercermin dari total incoming bids dalam lelang SUN kemarin di mana tercatat hanya sebesar Rp34,06 triliun atau turun dibandingkan dengan lelang SUN terakhir--10 September 2019 sebesar Rp44,73 triliun dan di bawah rata-rata incoming bids sejak awal tahun ini sebesar Rp49,12 triliun," katanya.

Padahal sebelumnya, kondisi pasar jelang lelang cukup kondusif terhadap penguatan sehingga diperkirakan lelang kemarin mampu menarik penawaran tinggi. Ekspektasi itu juga didukung dari seri SUN yang telah jatuh tempo sehingga akan mendorong minat investor pemegang seri tersebut. 

Pada lelang surat utang negara (SUN) yang digelar Pemerintah pada Selasa (24/9/2019), total penawaran masuk sebesar Rp34,06 triliun. Adapun, Pemerintah menyerap cukup tinggi yakni  Rp18 triliun.

Pemerintah mengambil Rp5,2 triliun dari seri FR0082 dan Rp4,1 triliun dari seri FR0081. Seri FR0082 menawarkan kupon 7% ini jatuh tempo pada 15 September 2030 atau akan berumur 10 tahun pada tahun depan. 

Pemerintah menargetkan Rp185 triliun dari 13 kali penawaran di kuartal III/2019. Lelang yang kemarin digelar merupakan lelang ke-13 di kuartal III/2019 sehingga tersisa 11 kali lelang lagi pada kuartal IV/2019. 

Sebelumnya, Pemerintah pun telah melakukan debt switch terhadap 10 seri SUN yang memperoleh penawaran sebesar Rp4,76 triliun namun yang dimenangkan sebesar Rp2,12 triliun dari tiga seri SUN tenor panjang yang diterbitkan yakni seri FR0081, FR0082 dan FR0076.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper