Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Trump Disebut Pertimbangkan Pelonggaran Sanksi Iran, Minyak Mentah Melemah

Minyak mentah melemah ke level terendah satu pekan setelah Presiden AS Donald Trump mempertimbangkan pelonggaran sanksi terhadap Iran yang menekan kemampuan anggota OPEC tersebut untuk mengekspor minyak mentah.

Bisnis.com, JAKARTA – Minyak mentah melemah ke level terendah satu pekan setelah Presiden AS Donald Trump mempertimbangkan pelonggaran sanksi terhadap Iran yang menekan kemampuan anggota OPEC tersebut untuk mengekspor minyak mentah.

Minyak mentah West Texas Intermediate untuk pengiriman Oktober ditutup turun 1,65 poin ke level US$55,75 per barel di New York Mercantile Exchange pada perdagangan Rabu (11/9/2019), penutupan terendah sejak 3 September.

Sementara itu, minyak Brent untuk kontrak November turun 1,57 poin ke level US$60,81 di ICE Futures Europe Exchange. Minyak global diperdagangkan lebih tinggi US$5,14 dibanding WTI untuk bulan yang sama.

Dilansir Bloomberg, Trump sedang bersiap untuk bertemu dengan Presiden Iran Hassan Rouhani akhir bulan ini. Pembicaraan ini belum pernah terjadi sebelumnya untuk pemerintahan yang menjadikan upaya isolasi Iran sebagai landasan kebijakan.

Gesekan di dalam Gedung Putih mengguncang pasar minyak untuk hari kedua berturut-turut karena bentrokan kebijakan luar negeri berubah menjadi pandangan publik dan presiden mengisyaratkan kemungkinan pemulihan hubungan dengan Iran.

"Pasar minyak mentah akan sangat sensitif terhadap perubahan pada hubungan AS-Iran," kata Brian Kessens, manajer portofolio di Tortoise, seperti dikutip Bloomberg. "Jika hubungan membaik, akan ada lebih banyak minyak mentah Iran untuk pasar."

Secara terpisah, stok bahan bakar diesel meningkat 2,7 juta barel pekan lalu, mengejutkan para analis yang memperkirakan adanya penurunan. Minyak mentah telah terkunci dalam kisaran sempit bulan lalu karena melambatnya pertumbuhan permintaan yang bersaing dengan ancaman pasokan geopolitik. Sejak akhir April, minyak mentah telah jatuh 16 persen.

Sementara itu, setiap pelonggaran sanksi Iran dapat menekan produsen AS yang telah membanjiri pasar internasional dengan minyak mentah.

"Banyak minyak mentah Iran akan kembali ke pasar dalam satu atau dua bulan ke depan," menurut Leo Mariani, analis di KeyBanc Capital Markets.

Pergerakan minyak mentah WTI kontrak Oktober 2019

Tanggal

Harga (US$/barel)

Perubahan

11/9/2019

55,75

-1,65 poin

10/9/2019

57,40

-0,45 poin

9/9/2019

57,85

+1,33 poin

Pergerakan minyak mentah Brent kontrak November 2019

Tanggal

Harga (US$/barel)

Perubahan

11/9/2019

60,81

-1,57 poin

10/9/2019

62,38

-0,21 poin

9/9/2019

62,59

+1,05 poin

 

 Sumber: Bloomberg

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper