Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beli Kapal, Pelita Samudera Shipping (PSSI) Rights Issue 402,68 Juta Saham

Perseroan merencanakan untuk menerbitkan saham dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu atau rights issue dengan jumlah sebanyak-banyaknya 402,68 juta saham.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelita Samudera Shipping Tbk. akan melaksanakan penambahan modal untuk mendanai pembelian kapal senilai US$7,52 juta atau sekitar Rp106,85 miliar.

Dalam keterbukaan informasi yang dirilis Kamis (12/9/2019), perseroan merencanakan untuk menerbitkan saham dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu atau rights issue dengan jumlah sebanyak-banyaknya 402,68 juta saham atau sebesar 8,00% dari jumlah saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh.

Hasil dana tersebut akan digunakan seluruhnya untuk pembayaran kewajiban perseroan dalam pembelian aset kapal (mother vessel) bernama MV Coaction dari Convivial Navigation Co. Pte. Ltd.

Perseroan melakukan pembelian kapal dengan nama Maritime Coaction dengan nilai pembelian aset tersebut sebesar US$7,52 juta, yang akan dibayarkan dalam bentuk tunai sebesar 20% dan sisanya sebesar 80% akan dibayarkan dengan saham perseroan. Hal tersebut telah disetujui melalui Memorandum of Agreement yang dilakukan pada 23 Mei 2019.

Serah terima aset kapal ditargetkan akan dapat dilaksanakan setelah tanggal 31 Oktober 2019, dengan tetap memperhatikan jangka waktu selambat-lambatnya 6 bulan dari tanggal laporan penilaian kewajaran atas penambahan modal dalam bentuk lain.

Dengan demikian, perseroan bermaksud untuk melaksanakan penambahan modal setelah perseroan memperoleh persetujuan RUPSLB dan sesuai dengan ketentuan dalam pengikatan jual beli kapal melalui Nota Kesepahaman Kapal dengan waktu pelaksanaan adalah setelah dilaksanakannya serah terima kapal dari Convivial kepada perseroan.

Rencananya, PSSI akan meminta restu pemegang saham untuk mengambil keputusan dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) yang akan diselenggarakan pada tanggal 16 September 2019.

Adapun, tujuan pembelian kapal tersebut karena PSSI memiliki prospek untuk memperoleh kontrak jasa pengangkutan batubara dan klinker dari beberapa pelanggan potensial.

Perseroan berencana untuk merealisasikan prospek usaha tersebut, yang diharapkan akan dapat meningkatkan kinerja perseroan.

Harga pelaksanaan rights issue merujuk pada Peraturan Bursa Efek Indonesia No.I-A tentang Pencatatan Saham Dan Efek Bersifat Ekuitas Selain Saham Yang Diterbitkan Oleh Perusahaan Tercatat, yaitu paling sedikit 90% dari rata-rata harga penutupan saham perseroan selama kurun waktu 25 hari bursa berturut-turut di Pasar Reguler sebelum tanggal permohonan pencatatan saham tambahan hasil penambahan modal.

Pada penutupan perdagangan Kamis (12/9/2019), saham berkode PSSI itu ditutup pada harga Rp173 per saham. Apabila mengacu pada harga itu, perseroan diestimasikan dapat mengantongi dana segar senilai Rp69 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper