China-AS Rencanakan Perundingan pada Oktober, Wall Street Menguat

Bursa saham Amerika Serikat melonjak pada Kamis (5/9/2019) menyusul ekspektasi penurunan ketegangan perdagangan setelah AS dan China sepakat untuk mengadakan pembicaraan tingkat tinggi bulan depan.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 06 September 2019  |  06:50 WIB
China-AS Rencanakan Perundingan pada Oktober, Wall Street Menguat
Bursa Saham AS - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Amerika Serikat melonjak pada Kamis (5/9/2019) menyusul ekspektasi penurunan ketegangan perdagangan setelah AS dan China sepakat untuk mengadakan pembicaraan tingkat tinggi bulan depan.

Sementara itu, data ekonomi AS yang kuat mengurangi kekhawatiran perlambatan ekonomi dalam negeri.

Indeks Dow Jones Industrial Average melonjak 1,41 persen ke level 26.728,15, sementara indeks S&P 500 naik 1,30 persen menjadi 2.975,97 dan indeks Nasdaq Composite menguat 1,75 persen ke 8.116,83.

Dilansir dari Reuters, China dan AS sepakat untuk mengadakan pembicaraan pada awal Oktober di Washington dan investor menaruh ekspektasi pencairan ketegangan perang perdagangan.

Tanda-tanda perbaikan dan kemunduran dalam perang dagang AS-China yang sering kali berdasarkan tweet dan komentar dari Trump telah berulang kali memicu volatilitas di Wall Street dalam beberapa bulan terakhir.

"Apakah pembicaraan itu terjadi atau tidak, kita akan lihat nanti. Dan apakah itu produktif, kami skeptis. Tetapi pasar menyukainya," kata Tim Ghriskey, kepala analis investasi di Inverness Counsel, seperti dikutip Reuters.

Indeks teknologi informasi S&P naik 2,1 persen sementara sektor keuangan melonjak 1,9 persen, keduanya naik paling tinggi di antara 11 sektor S&P 500.

Sementara itu, indeks sektor perbankan yang sensitif terhadap suku bunga melonjak 2,5 persen, mengikuti kenaikan yield obligasi Treasury AS.

Laporan Ketenagakerjaan Nasional ADP, yang dianggap sebagai pendahulu bagi laporan pekerjaan yang lebih komprehensif dari Departemen Tenaga Kerja, menunjukkan gaji pengusaha swasta AS tumbuh pada laju tercepat dalam empat bulan pada bulan Agustus, dipimpin oleh kenaikan besar dalam sektor jasa.

Survei swasta lain menunjukkan pertumbuhan di sektor jasa pada bulan Agustus, rebound dari level terlemah dalam hampir tiga tahun, karena pesanan baru naik ke level tertinggi sejak Februari di tengah kekhawatiran perdagangan.

Data positif tersebut meredakan kekhawatiran penurunan ekonomi setelah diperburuk menyusul data kontraksi dalam aktivitas pabrik AS pada bulan Agustus. Investor akan terus mencermati data penting nonfarm payrolls pada hari Jumat.

Pergerakan bursa saham Amerika Serikat
IndeksLevelPerubahan (persen)

Dow Jones

26.728,15

+1,41

S&P 500

2.975,97

+1,30

Nasdaq

8.116,83

+1,75

Sumber: Reuters

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bursa as

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top