Drama Bank BUMN, BBRI Dibuka Memerah

Dari 4 perbankan pelat merah, hanya saham milik PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. yang mengawali perdagangan hari ini, Jumat (30/8/2019), di zona merah.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 30 Agustus 2019  |  10:03 WIB
Drama Bank BUMN, BBRI Dibuka Memerah
Petugas gabungan dari Polres Blitar dan Kantor Cabang BRI memeriksa mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) saat berpatroli bersama di Blitar, Jawa Timur, Sabtu (24/3/2018). - ANTARA/Irfan Anshori

Bisnis.com, JAKARTA — Dari 4 perbankan pelat merah, hanya saham milik PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. yang mengawali perdagangan hari ini, Jumat (30/8/2019), di zona merah.

Terpantau pada pembukaan perdagangan Jumat (30/8/2019), saham emiten bersandi BBRI tersebut dibuka melemah 0,23% di level Rp4.190 dibandingkan harga pada perdagangan hari sebelumnya.

Sementara itu, harga saham PT Bank Negara Indonesia Tbk. dibuka menguat 0,66% ke level Rp7.575, saham PT Bank Tabungan Negara Tbk. menguat 0,49% menjadi Rp2.040, dan saham PT Bank Mandiri Tbk. naik 0,70% menjadi Rp7.125.

Adapun, pada Kamis (29/8/2019) telah terjadi “drama” di level direksi perbankan yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Eks Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Suprajarto mengundurkan diri setelah ditunjuk menjadi Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

Adapun penunjukan itu merupakan keputusan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank BTN.Dalam pernyataannya, Suprajarto mengaku tidak pernah diajak bicara mengenai penetapan dirinya menjadi Direktur Utama Bank BTN.

Dirinya merasa tak bisa menerima keputusan RUPSLB BTN tersebut. Pria yang menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. selama 2017 hingga pertengahan 2019 ini juga menyampaikan ucapan terima kasih karena telah banyak mendapat dukungan dari media selama menjabat posisi tertinggi di BRI.

Penunjukan Suprajarto dari pemimpin BRI menjadi BTN terbilang mengejutkan. Alasannya, jika dilihat secara kasat mata maka jabatan Suprajarto di BTN tidak lebih bergengsi dari posisi Direktur Utama BRI.

Saat ini, BTN masih termasuk dalam Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) III dengan total modal inti Rp20,9 triliun pada akhir Semester I/2019. Jumlah ini jauh di bawah modal inti BRI sejumlah Rp179 triliun di periode yang sama

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bbri

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top