Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menakar Prospek Saham yang Diuntungkan Penurunan Suku Bunga

Dengan ruang kebijakan moneter longgar yang terbuka, Bahana menilai ini adalah saat yang menguntungkan bagi sejumlah korporasi yang memiliki utang besar seperti PT XL Axiata.
XL Axiata
XL Axiata

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia melakukan dua kali pemangkasan suku bunga acuan dalam kurun waktu dua bulan berturut-turut. 

Rapat dewan gubernur BI pekan lalu kembali memotong suku bunga acuan atau BI 7-day reserve repo rate sebesar 25 basis points (bps) menjadi 5,5 persen, setelah pada Juli juga memangkas suku bunga pada level yang sama.

Langkah pelonggaran moneter semakin serius dilakukan oleh Bank Indonesia, demi menopang pertumbuhan ekonomi saat kinerja ekspor belum memperlihatkan perbaikan sejalan dengan ketidakpastian global akibat perang dagang US dan China yang masih berkepanjangan.

Meninggalkan kebijakan moneter ketat saat kondisi global cukup fluktuatif tentunya bukan tanpa risiko apalagi pengaruhnya terhadap pasar keuangan domestik.

Kepala Riset Bahana Sekuritas Lucky Ariesandi mengatakan ruang penurunan suku bunga masih akan terbuka hingga akhir tahun secara total sebesar 50 bps menjadi 5 persen.

"Langkah penurunan ini akan membantu perbaikan neraca perdagangan dan dana asing bakal masuk ke surat utang pemerintah, yang pada akhirnya hal ini akan menopang nilai tukar," ungkap Lucky dalam keterangan pers, Senin (26/8/2019).

Dengan ruang kebijakan moneter longgar yang terbuka, Bahana menilai ini adalah saat yang menguntungkan bagi sejumlah korporasi yang memiliki utang besar seperti PT XL Axiata.

Perusahaan berkode saham EXCL ini memiliki utang dengan bunga yang terkait erat terhadap suku bunga jibor yakni cerminan suku bunga yang terjadi di pasar uang, yang dihitung secara periodik yakni 1 minggu, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan.

"Besar suku bunga Jibor sangat dipengaruhi oleh besarnya bunga BI 7-day reserve repo yang sedang berlaku, sehingga saat suku bunga turun, maka kemampuan perusahaan untuk membayar utangnya akan lebih baik, serta modal yang dimiliki bisa dipakai untuk melakukan ekspansi usaha," ujar Lucky.

Lucky menambahkan, Waskita Karya juga akan menuai keuntungan yang sama karena memiliki utang yang cukup besar.

Industri perbankan yang berhubungan erat dengan suku bunga juga akan mendapat sentimen positif dari tren pelonggaran moneter, terutama bank-bank yang memiliki dana murah yang sedikit dan valuasi rendah seperti misalnya PT Bank Negara Indonesia.

Bahana memberi rekomendasi beli atas saham perusahaan berkode BBNI ini karena dengan tren penurunan suku bunga akan memiliki ruang untuk ekspansi kredit dengan rasio net interest margin (NIM) yang terjaga stabil serta rasio kredit bermasalah yang membaik.

Demikian juga halnya dengan PT Bank Rakyat Indonesia akan mendapat sentimen positif karena porsi dana murah di bank berkode saham BBRI ini belum terlalu besar.

Berbeda halnya dengan Bank Mandiri (BMRI) dan Bank Central Asia (BBCA) yang memiliki dana murah cukup besar.

"Dengan tren penurunan suku bunga yang terjadi saat ini, ruang bagi kedua bank tersebut untuk mempertahankan NIM lebih kecil, plus valuasi saham keduanya juga sudah cukup tinggi," ungkap Lucky.

Sedangkan peluang bank skala menengah seperti Bank Danamon dan Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) masih terbatas setelah diambilalih oleh Bank Sumitomo Mitsui Indonesia.

Bank Danamon yang akan merger dengan Bank Nusantara Parahyangan, setelah keduanya dimiliki oleh Mitsubishi UFJ Financial Group Inc. juga belum akan melakukan ekspansi bisnis hingga seluruh proses merger selesai.

Sementara itu, kinerja perusahaan dari sektor otomotif belum akan mendapat sentimen positif meski tren suku bunga turun.

Penjualan kendaraan bermotor terutama untuk daerah DKI Jakarta diperkirakan akan mendapat tantangan, setelah pemerintah provinsi DKI menaikkan biaya balik nama kendaraan bermotor (BBN-KB) menjadi 12,5 persen, dari yang sebelumnya sebesar 10 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper