Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Obligasi Diproyeksi Bergerak Variatif

Investor direkomendasikan melakukan wait and see dari fluktuasi harga yang diperkirakan terjadi hari ini.
Karyawan mencari informasi tentang obligasi di Jakarta, Rabu (17/7/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam
Karyawan mencari informasi tentang obligasi di Jakarta, Rabu (17/7/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA--Pasar obligasi Tanah Air diproyeksi bergerak variatif pada perdagangan hari ini dengan ruang pergerakan di 25 basis poin hingga 30 basis poin.

Dikutip dari hasil riset hariannya, Kamis (15/8/2019), Direktur Riset Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan pasar obligasi pada perdagangan sebelumnya cenderung menguat kendati dari sisi analisis teknis belum menunjukkan data yang cukup yang mendukung penguatan. Oleh karena itu, dia memperkirakan pasar obligasi cenderung bervariasi pergerakannya pada perdagangan hari ini.

"Pagi ini pasar obligasi diperkirakan akan bergerak bervariasi dengan potensi naik dan turun dengan rentang 30 – 65 bps," ujarnya.

Adapun beberapa sentimen yang menjadi pertimbangan yakni pertama, rilis data ekonomi China yang kurang menggembirakan. Menurutnya, pertumbuhan produksi industri mencapai titik terendah sejak 2002 yang berasal dari perlambatan siklus ekonomi dan ketegangan perdagangan China-AS. Selain data produksi industri, data penjualan ritel pun mengalamj penurunan cukup dalam.

Dia menilai dampak buruk yang ditanggung China merupakan salah satu konsekuensi perang dagang China-AS yang tak kunjung mencapai kesepakatan.

"Semakin lama kesepakatan tidak terjadi, maka hanya akan menambah luka menjadi lebih lama, dan lebih dalam dari yang seharusnya," katanya.

Kedua, pelaku pasar dan investor di China berharap stimulus guna mencapai kestabilan yakni pemangkasan suku bunga. Adapun, kebijakan yang berjalan saat ini berupa kombinasi pemotongan pajak untuk mendorong pengeluaran.

Bank Sentral China pun sejauh ini telah mengubah metode evaluasi pinjaman bank agar dapat memotong jumlah yang harus disimpan. Dengan demikian, kredit yang tersalur ke ke produsen dan perusahaan kecil semakin banyak.

Pemotongan suku bunga diharapkan menjadi jalan keluar untuk mendorong siklus ekonomi China yang berasal dari kegiatan ekspor, infrastruktur, dan properti yang saat ini melambat.

Ketiga, terkait kelanjutan negosiasi China dengan AS, keduanya masih akan melakukan pembicaraan yang diagendakan pada September. Namun, sepertinya niat kedua negara untuk menyelesaikan perang dagang masih menjadi tanda tanya selama keduanya berkukuh pada keinginan masing-masing.

Oleh karena itu, dia merekomendasikan agar investor melakukan wait and see dari fluktuasi harga yang diperkirakan terjadi hari ini.

"Kami merekomendasikan wait and see hari ini, naik turun harga yang melebihi batas toleransi akan menjadi arah selanjutnya bagi pasar obligasi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ana Noviani

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper