Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masih Terapresiasi, Emas Antam Terus Kejar Level Rp800.000

Harga emas Antam diproyeksi berada di kisaran level Rp748.000 per gram hingga Rp760.000 per gram pada perdagangan Rabu (14/8/2019).
emas antam
emas antam

Bisnis.com, JAKARTA - Harga emas batangan PT Aneka Tambang Tbk. (Antam) melanjutkan penguatannya pada perdagangan Selasa (13/8/2019), masih berpotensi mengejar level Rp800.000 per gram.

Berdasarkan situs logammulia.com, harga emas batangan Antam berada di level Rp755.000 per gram, kembali menguat Rp6.000 per gram dan mencetak level rekor terbaru sepanjang masa.

Sementara itu, harga jual kembali (buyback) emas Antam hari ini dipatok pada kisaran Rp683.000 per gram. Harga yang ditetapkan naik Rp6.000 per gram dibandingkan harga yang ditetapkan pada Senin (12/8/2019).

Analis PT Asia Trade Point Futures Deddy Yusuf Siregar mengatakan bahwa saat ini merupakan momentum yang tepat untuk menanti harga emas antam dapat mencapai level Rp800.000 per gram.

Adapun, emas antam dalam beberapa perdagangan terakhir berhasil terapresasi dan diperkirakan masih bergerak naik mengikuti pergerakan emas global yang tengah diselimuti sentimen fundamental yang positif.

“Cepat atau lambat, saya yakin level ini [Rp800.000 per gram] dapat tersentuh. Apalagi Goldman Sachs pernah menyebutkan harga emas dunia dalam 6 bulan ke depan bisa diatas US$1.600 per troy ounce, ini juga akan menjadi katalis positif emas antam,” ujar Deddy kepada Bisnis.com, Selasa (13/8/2019).

Dia mengatakan, kondisi pasar saat ini masih memicu minat investor terhadap instrumen safe haven, termasuk emas batangan.

Faktor risiko yang dihadapkan pasar telah memicu kekhawatiran semakin memperlambat pertumbuhan ekonomi yang sebelumnya telah diprediksi tertekan.

Situasi perang dagang antara AS dan China yang semakin tereskalasi menyusul pernyataan Presiden AS Donald Trump bahwa pihaknya tidak siap untuk membuat kesepakatan dengan China. Bahkan, Trump tidak yakin perundingan perdagangan dengan China yang dijadwalkan pada September mendatang dapat tetap dilakukan.

“Belum lagi situasi politik di Argentina dan kerusuhan yang melanda Hong Kong sejak Juli. Tentunya tidak mengherankan kalau kita lihat harga emas dunia dan emas antam terapresiasi hingga saat ini,” ujar Deddy.

Di sisi lain, dia mengatakan bahwa satu-satunya sentimen yang dapat memicu emas antam berbalik terkoreksi adalah kecenderungan investor terhadap aksi profit taking.

Deddy memproyeksi, harga emas Antam berada di kisaran level Rp748.000 per gram hingga Rp760.000 per gram pada perdagangan Rabu (14/8/2019).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Finna U. Ulfah
Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper