Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Sentral Batasi Penurunan, Yuan Offshore Pulih dari Pelemahan

Yuan offshore menguat kembali dari level terendah sepanjang masa pada hari Selasa (6/8/2019) setelah Beijing mengambil langkah-langkah untuk mencegah pelemahan mata uang lebih lanjut, menyusul penurunan tajam yang mendorong pemerintah AS menyatakan China memanipulasi mata uang.
Yuan/Bloomberg
Yuan/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Yuan offshore menguat kembali dari level terendah sepanjang masa pada hari Selasa (6/8/2019) setelah Beijing mengambil langkah-langkah untuk mencegah pelemahan mata uang lebih lanjut, menyusul penurunan tajam yang mendorong pemerintah AS menyatakan China memanipulasi mata uang.

Pada hari Senin, China membiarkan yuan darat menembus level 7 per dolar untuk pertama kalinya sejak krisis keuangan global, mengirim pasar keuangan global ke jurang dan investor mengamati dengan cermat untuk melihat seberapa jauh pemerintah China membiarkan yen jatuh.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin (5/8) bahwa pemerintah telah menentukan bahwa China memanipulasi mata uangnya dan AS akan terlibat dengan Dana Moneter Internasional untuk menghilangkan persaingan tidak sehat dari China tersebut.

Pada Selasa (6/8/2019), Bank Sentral China mengatakan bahwa mereka menjual uang kertas berdenominasi yuan di Hong Kong, sebuah langkah yang dianggap membatasi aksi short selling mata uang tersebut.

Langkah ini juga menetapkan tingkat referensi harian untuk perdagangan di China yang sedikit lebih kuat dari yang diperkirakan pasar, meskipun masih pada level terlemah sejak Mei 2008.

PBOC menetapkan tingkat referensi harian pada 6,9683 per dolar, lebih kuat dari perkiraan level 6.9871 dalam survei Bloomberg terhadap 19 pelaku pasar dan analis.

Penurunan tiba-tiba yuan melampaui level 7 per dolar AS terjadi beberapa hari setelah Presiden Donald Trump mengumumkan akan mengenakan tarif 10 persen pada barang impor China yang nilainya mencapai US$300 miliar.

"Pemulihan dalam yuan dipicu oleh perbaikan yang telah meredakan kekhawatiran tentang devaluasi mata uang kompetitif," kata Masafumi Yamamoto, kepala analis valas di Mizuho Securities, seperti dikutip Reuters.

"China tidak benar-benar mencoba untuk secara dramatis melemahkan mata uangnya. Namun, tidak ada yang terselesaikan dalam perang perdagangan," lanjutnya.

Yuan offshore pantai awalnya turun menjadi level 7.1265 yuan per dolar, terendah sejak perdagangan luar negeri dimulai pada 2010, namun kemudian menghapus pelemahan dan berbalik menguat 0,25 persen ke level 7,0808 per dolar AS pada pukul 10.30 WIB.

Sementara itu, yuan onshore diperdagangkan di level 7,0525 per dolar AS, melemah 0,03 persen pada pukul 10.30 WIB.

Dolar awalnya jatuh terhadap yen menjadi 105,51 yen, terendah sejak flash crash pada Januari yang mengguncang pasar mata uang, tetapi kemudian terhapus untuk naik 0,34% menjadi 106,32.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper