Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mitra Lintas Persada dan Setiawan Ichlas Caplok Kebun Sawit Gozco Plantations (GZCO)

Penandatanganan Perjanjian Penjualan dan Pembelian Saham Bersyarat diteken pada 31 Juli 2019 antara PT Mitra Lintas Persada dan Setiawan Ichlas sebagai pembeli dan PT Suryabumi Agrolanggeng dan PT Golden Zaga Indonesia sebagai penjual.
Ana Noviani
Ana Noviani - Bisnis.com 02 Agustus 2019  |  19:38 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Saham anak usaha PT Gozco Plantations Tbk., PT Golden Blossom Sumatra dibeli oleh PT Mitra Lintas Persada dan pengusaha asal Palembang, Sumatra Selatan, Setiawan Ichlas.

Penandatanganan Perjanjian Penjualan dan Pembelian Saham Bersyarat diteken pada 31 Juli 2019 antara PT Mitra Lintas Persada dan Setiawan Ichlas sebagai pembeli dan PT Suryabumi Agrolanggeng dan PT Golden Zaga Indonesia sebagai penjual.

Suryabumi Agrolanggeng merupakan anak usaha Gozco Plantation. Sementara itu, Golden Zaga Indonesia merupakan pemegang saham 0,38% emiten bersandi saham GZCO itu.

"Total harga yang wajib dibayarkan para pembeli kepada para penjual untuk pembelian saham Golden Blossom Sumatra sebesar Rp350 miliar," tulis Direktur Gozco Plantation Yongki Tedja dalam keterbukaan informasi yang dikutip Jumat (2/8/2019).

Golden Blossom Sumatra (GBS) memiliki lahan perkebunan dengan usia tanaman menghasilkan sekitar 6 tahun. GBS memiliki pinjaman sebesar Rp565 miliar.

Menurut Yongki, hasil kebun belum cukup untuk menutup beban operasi dan bunga pinjaman. Terlebih dengan kondisi harga minyak sawit saat ini rendah. GBS juga avalis dari pinjaman mitra plasma sekitar Rp280 miliar.

GZCO tidak memiliki kas yang cukup untuk mengantarkan GBS pada level komersial yang diperkirakan dapat dicapai pada usia tanaman menghasilkan sekitar 8-9 tahun atau pada 2-3 tahun mendatang.

"Transaksi penjualan saham GBS dilakukan untuk mendapatkan dana segar sekaligus mengurangi beban cash flow keseluruhan dan membebaskan perseroan dari kewajiban pelunasan pinjaman pokok dan pembayaran bunga, juga sebagai avalis mitra plasma," paparnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perkebunan kelapa sawit emiten perkebunan
Editor : Ana Noviani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top