Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investor Hati-Hati, Emas Konsolidasi di Level US$1.400

Berdasarkan data Bloomberg, pada perdagangan Senin (15/7/2019) hingga pukul 14.35 WIB, harga emas di pasar spot bergerak melemah 0,18% di level US$1.413 per troy ounce. Sementara itu, harga emas berjangka kontrak Agustus 2019 di bursa Comex bergerak menguat 0,18% menjadi US$1.414,7 per troy ounce.

Bisnis.com, JAKARTA - Emas berkonsolidasi di atas level US$1.400 per troy ounce seiring dengan kehati-hatian investor menanggapi data ekonomi China yang melambat. Di saat yang sama, indikator ekonomi bulanan menunjukkan tanda-tanda bahwa stabilisasi sedang dimulai.

Berdasarkan data Bloomberg, pada perdagangan Senin (15/7/2019) hingga pukul 14.35 WIB, harga emas di pasar spot bergerak melemah 0,18% di level US$1.413 per troy ounce.

Sementara itu, harga emas berjangka kontrak Agustus 2019 di bursa Comex bergerak menguat 0,18% menjadi US$1.414,7 per troy ounce.

Ekonom Bank OCBC Howie Lee mengatakan bahwa data ekonomi China bulanan yang lebih baik daripada perkiraan hanya mengikis kekhawatiran pasar bahwa perlambatan global tidak sedalam yang diharapkan sehingga menyebabkan beberapa aksi ambil untung dalam emas.

"Tetapi, secara keseluruhan ekonomi masih lemah. Tidak hanya itu, ketegangan lebih lanjut dari perang dagang AS dan China, serta geopolitik di Timur Tengah masih menggambarkan kebutuhan terhadap emas sebagai aset lindung nilai tetap kuat," ujar Howie seperti dikutip dari Reuters, Senin (15/7/2019).

Produksi industri China periode Juni naik 6,3% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, mengalahkan perkiraan analis sebesar 5,2%. Investasi aset tetap pada paruh pertama tahun ini juga naik 5,8%, melampaui perkiraan analis sebesar 5,5%.

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi China melambat menjadi 6,2% pada kuartal kedua tahun ini, menjadi laju terlemah dalam 27 tahun terakhir.

Kepala Strategi Pasar CMC Markets Michael McCarthy mengatakan bahwa peristiwa besar berikutnya untuk pergerakan emas adalah pertemuan The Fed pada akhir bulan ini.

"Hal tersebut dikarenakan ekspektasi pasar berfluktuasi terhadap pemangkasan suku bunga acuan antara sebesar 25 basis poin atau 50 basis poin, kita harus melihat besaran pemangkasan harus memberikan dampak yang signifikan pada harga emas," ujar Michael.

Di sisi teknikal, Analis Teknis Reuters Wang Tao mengatakan bahwa emas spot terlihat netral dalam kisara pergerakan yang cenderung terbatas dari US$1.404 per troy ounce hingga US$1.421 per troy ounce.

Di antara logam mulia lainnya, perak bergerak naik 0,29% menjadi US$15,27 per troy ounce, platinum naik 0,87% menjadi US$838,5 per troy ounce, dan paladium menguat 0,94% menjadi US$1.561,7 per troy ounce.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Finna U. Ulfah
Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper