Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BOE Ikut Berikan Sinyal Dovish, Indeks Stoxx Menguat

Bursa saham Eropa melonjak ke level tertinggi enam pekan pada perdagangan Kamis (20/6/2019), menyusul sinyal dovish dari Bank of England dan Federal Reserve.
Indeks Bursa Eropa/Reuters
Indeks Bursa Eropa/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa melonjak ke level tertinggi enam pekan pada perdagangan Kamis (20/6/2019), menyusul sinyal dovish dari Bank of England dan Federal Reserve.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,4 persen, dengan sebagian besar indeks negara juga menguat karena investor global telah memperkirakan prospek pelonggaran suku bunga AS bulan depan dan lebih banyak bank sentral lain akan mengikuti.

Berbeda dengan The Fed, Bank of England terus mengancam untuk menaikkan dan tidak menurunkan suku bunga, tetapi pertemuan bulan Juni menunjukkan Komite Kebijakan Moneter BOE akan memangkas perkiraan pertumbuhan kuartal kedua menjadi nol, menjauhkan dari kekhawatiran pasar bahwa mereka benar-benar akan menaikkan suku bunga dalam waktu dekat

"Bank of England tidak akan pernah mengguncang kapal dengan kenaikan suku bunga, mengingat kondisi ekonomi statis dan terus kurangnya arah pada Brexit," ungkap Laith Khalaf, analis senior di Hargreaves Lansdown, seperti dikutip Reuters.

"(Tapi) dengan The Fed sekarang melakukan sikap yang lebih dovish karena juga melihat risiko penurunan yang meningkat dalam ekonomi global, kita seharusnya tidak sepenuhnya mengesampingkan kemungkinan bahwa suku bunga berikutnya mungkin turun," lanjutnya.

Indeks FTSE 100 Inggris mencatat kenaikan tajam setelah pernyataan BoE, dan sempat menguat sebanyak 0,7 persen, sebelum ditutup naik 0,3 persen..

Sementara itu, indeks FTSE MIB Italia menguat 0,7 persen, dengan para analis menunjuk pada tanda-tanda bahwa Komisi Eropa dapat menunda langkah-langkah untuk mendisiplinkan negara itu atas kenaikan utang.

Ekspektasi pelonggaran kebijakan telah membantu mendorong indeks Stoxx menguat hampir 5 persen bulan ini, membantu indeks menutup kembali hampir semua aksi jual tajam yang membuat indeks mencatat  buruk pada bulan Mei.

Tanda-tanda bahwa AS dan China akan kembali ke meja perundingan mengenai perdagangan juga memperkuat sentimen, dengan saham-saham teknologi dan mobil yang sensitif terhadap tarif masing-masing naik 0,8 persen dan 1,6 persen.

Indeks DAX Jerman mencapai level tertinggi dalam hampir sembilan bulan, dibantu oleh perusahaan perangkat lunak SAP yang menguat 1,5 persen setelah saingan beratnya Oracle meramalkan laba kuartal saat ini di atas perkiraan.

Sementara itu, perusahaan pengiriman makanan Jerman, Delivery Hero, melonjak 9,7 persen setelah menaikkan prospek pendapatan setahun penuh sebesar 200 juta euro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper