Bursa Eropa Menguat Tipis, Seluruh Mata Tertuju pada The Fed

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,05 persen dengan saham-saham defensif menjadi penean utama, sementara saham-saham perbankan bank membukukan kenaikan 1,4 persen.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 20 Juni 2019  |  05:52 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa ditutup menguat tipis pada perdagangan Rabu (19/6/20190 untuk mengantisipasi pernyataan kebijakan Federal Reserve AS, sehari setelah seruan dovish Bank Sentral Eropa meningkatkan harapan akan bank sentral yang lebih akomodatif.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,05 persen dengan saham-saham defensif menjadi penean utama, sementara saham-saham perbankan bank membukukan kenaikan 1,4 persen.

"Masih ada unsur selera risiko, terima kasih kepada ECB dan berharap bahwa Fed akan memberikan penurunan suku bunga," kata Mike van Dulken, Kepala Riset di Accendo Markets, seperti dikutip Reuters.

"Mungkin tidak akan segera terjadi tetapi potensi untuk itu sebelum akhir tahun sudah cukup bagi pasar untuk terus memegang risiko lebih lanjut," lanjutnya.

Presiden European Central Bank (ECB) Mario Draghi menandai potensi pengembalian untuk pembelian obligasi dan suku bunga yang lebih rendah jika ekonomi tidak membaik, mengirim indeks Stoxx menuju kinerja terbaiknya dalam lima bulan pada hari Selasa.

Bank sentral AS diperkirakan akan menggemakan sikap kebijakan pelonggaran ECB pada akhir pertemuan dua harinya, diikuti oleh konferensi pers oleh Gubernur The Fed Jerome Powell.

Ekspektasi pelonggaran kebijakan oleh ECB dan The Fed telah membantu indeks Stoxx menutup sebagian besar dari pelemahan bulan lalu.

Sementara itu, saham otomotif menguat 1 persen, melanjutkan reli yang didorong oleh berita bahwa China dan Amerika Serikat memulai kembali rencana pembicaraan perdagangan menjelang pertemuan di KTT G20 pekan depan.

Dimulainya kembali pembicaraan perdagangan juga mengangkat saham produsen chip, dengan Siltronic dari Jerman pulih hampir 5 persen setelah jatuh tajam pada hari Selasa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bursa eropa

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top