Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Tunggu Rapat The Fed, Indeks Stoxx Ditutup Melemah

Bursa saham Eropa ditutup melemah pada perdagangan Senin (17/6/2019) dengan proyeksi laba Lufthansa menekan saham maskapai penerbangan, sementara pasar secara global menunggu petunjuk dari arah kebijakan Federal Reserve AS.
ILustrasi/Reuters
ILustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa ditutup melemah pada perdagangan Senin (17/6/2019) dengan proyeksi laba Lufthansa menekan saham maskapai penerbangan, sementara pasar secara global menunggu petunjuk dari arah kebijakan Federal Reserve AS.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup melemah 0,1 persen. Adapun indeks CAC 40 Prancis menguat, didorong oleh saham-saham barang mewah, sementara perusahaan IT Indra Sistemas menekan indeks IBEX 35 Spanyol melemah 0,7 persen.

Dilansir Reuters, pada pertemuan kebijakan Federal Reserve AS yang dimulai Selasa (18/6), investor memproyeksikan penurunan suku bunga tidak mungkin terjadi, sementara banyak yang kembali memprediksikan adanya pergeseran kebijakan pada bulan Juli.

Proyeksi pasar mata uang terhadap pemotongan suku bunga hingga tiga kali oleh The Fed tahun ini telah menjadi jantung pemulihan pasar saham bulan ini setelah mengalami penurunan terburuk dalam beberapa bulan pada Mei.

"Pasar tampaknya berada dalam semacam mode hati-hati karena pertemuan The Fed. Banyak yang telah diperkirakan," kata Craig Erlam, analis pasar senior di Oanda, seperti dikutip Reuters.

"Ada peluang yang jauh lebih tinggi bahwa The Fed sengaja atau tidak sengaja mendinginkan ekspektasi pasar," lanjutnya.

Sektor perjalanan dan liburan Eropa berkinerja buruk melampaui sektor utama Eropa lainnya karena Lufthansa anjlok 11,6 persen dan membuat DAX Jerman tertekan.

Saham maskapai penerbangan ini menurunkan prospek laba untuk tahun 2019 menyusul persaingan harga dari maskapai low cost carrier di Eropa.

"Lufthansa menandakan prospek yang lemah memukul semua maskapai yang lebih besar ini dan itu jelas salah satu elemen negatif pagi ini," kata Chris Beauchamp, kepala analis pasar di IG.

International Consolidated Airlines (IAG) turun 2,2 persen, sementara maskapai LCC EasyJet dan Ryanair Holdings masing-masing turun lebih dari 4 persen.

Sementara itu, Indra Sistemas dari Spanyol jatuh setelah sebuah laporan media mengatakan perusahaan akan mengakuisisi 75 persen saham ITP Aero dari Rolls Royce dengan harga sekitar 1 miliar euro (US$1,12 miliar).

Berkontribusi pada kenaikan indeks CAC 40, saham barang mewah Prancis, Kering dan LVMH, naik lebih dari 1 persen. Peer Chanel melaporkan penjualan dan laba tahunan yang lebih tinggi pada hari Senin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper