Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Saham Global Variatif di Tengah Ketegangan Geopolitik

Bursa Eropa dan indeks futures Amerika Serikat (AS) mampu naik pada perdagangan sore ini, Kamis (13/6/2019), mengabaikan pelemahan di bursa Asia di tengah serangkaian ketegangan geopolitik.
Indeks Bursa Eropa/Reuters
Indeks Bursa Eropa/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa Eropa dan indeks futures Amerika Serikat (AS) mampu naik pada perdagangan sore ini, Kamis (13/6/2019), mengabaikan pelemahan di bursa Asia di tengah serangkaian ketegangan geopolitik.

Berdasarkan data Bloomberg, indeks futures S&P 500 naik 0,2 persen pada pukul 08.59 pagi waktu London (pukul 14.59 WIB), sedangkan indeks Stoxx Europe 600 naik 0,1 persen.

Sebaliknya, indeks MSCI Emerging Market turun 0,4 persen dan indeks MSCI Asia Pacific melemah 0,5 persen.

Indeks Stoxx Europe 600 sebelumnya dibuka di zona merah menyusul berlanjutnya pelemahan yang dialami di kawasan Asia. Namun, indeks acuan Eropa ini kemudian mampu membalik pelemahannya, diikuti indeks futures di AS.

Bagaimanapun, sentimen kekhawatiran tetap bertahan dan obligasi tresuri AS terus naik bersama dengan obligasi pemerintah Eropa. Pergerakan besar mampu dialami harga minyak yang bangkit dari pelemahannya didorong laporan insiden tanker di Teluk Oman.

Perincian mengenai insiden itu masih belum jelas, tetapi perkembangan ini mengikuti serangan lain yang telah terjadi di wilayah itu bulan lalu.

Di sisi lain, ketegangan di Hong Kong masih tampak pascabentrokan antara polisi dan pengunjuk rasa pada Rabu (12/6) dan perselisihan perdagangan antara AS dan China juga masih belum terselesaikan.

Harapan bagi para pelaku pasar saat ini adalah sikap dovish bank sentral AS Federal Reserve yang dapat meredakan kekhawatiran tersebut.

“Meski The Fed masih berpihak pada investor, sebagian perlambatan ekonomi dan ketidakpastian perdagangan membuat daya tarik aset risiko pada tingkat ini agak beragam,” ujar Chris Konstantinos, kepala strategi investasi di Riverfront Investment Group, kepada Bloomberg TV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper