Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak Proyeksi Pergerakan Mata Uang Global

Saat ini, pasar global masih minim katalis sehingga sinyal yang muncul bakal langsung direspons oleh pasar.
Ilustrasi mata uang/Istimewa
Ilustrasi mata uang/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Arah pergerakan mata uang global masih menanti kebijakan moneter dari bank sentral Eropa dan Amerika Serikat.

Sebelumnya, The Fed sempat memberikan sinyal bakal menurunkan suku bunga untuk mengerek pertumbuhan ekonomi. Akan tetapi, sinyal tersebut melemahnya dolar.

Analis Monex Investindo Futures Dini Nurhadi Yasyi menuliskan, saat ini, pasar global masih minim katalis sehingga sinyal yang muncul bakal langsung direspons oleh pasar.

Mengutip laporan Monex Investindo, pada Kamis (6/6/2019), berikut proyeksi pergerakan mata uang global:


EUR-USD
Jika pada pernyataannya, ECB masih cenderung bersikap dovish dengan melanjutkan atau bahkan menambah stimulus, EURUSD berpotensi untuk melemah menguji level 1.1200 sebelum mengincar level 1.1180. Sebaliknya, jika kekuatan dolar masih mendominasi sentimen pergerakan yang sedang dalam sentimen negatif, peluang penguatan EURUSD menguji resisten terdekat sebelum mengincar level 1.1260.

GBP-USD
Minim katalis penggerak dari rilis data ekonomi Inggris, penggerak GBPUSD masih melihat kekuatan dolar AS. Jika dolar AS hari ini masih tertekan karena sentimen ekspektasi pemangkasan tingkat suku bunga, peluang penguatan GBPUSD perlu menembus konsisten ke atas 1.2700 sebelum mengincar 1.2725. Sebaliknya, potensi pelemahan jika menembus 1.2675 mengincar level 1.2650. Pidato Gubernur Bank of England (BoE) Mark Carney pukul 16.00 WIB dapat menjadi perhatian.

USD-JPY
Area level 107.80 - 107.90 masih terlihat sebagai support kuat, sehingga USDJPY masih dalam kecenderungan untuk naik menguji level 108.55 sebelum mengincar 108.85. Pidato Gubernur Bank of Japan (BoJ) Haruhiko pukul 15.25 WIB dapat menjadi perhatian.

AUD-USD
Data neraca perdagangan Australia yang dirilis lebih rendah dari ekspektasi berpotensi menjadi sentimen negatif pergerakan AUDUSD hari ini dengan support terdekat di level 0.6930. Namun jika sentimen negatif pada dollar AS masih mendominasi pergerakan di pasar, AUDUSD berpeluang menguat untuk menguji kembali level psikologis 0.7000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ana Noviani

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper