Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Australia Bujuk AS Batalkan Kebijakan Tarif Aluminium

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Australia mengatakan bahwa para eksportir aluminiumnya telah mematuhi ketentuan perjanjian dengan Amerika Serikat setelah Presiden Donald Trump dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk mengenakan tarif aluminium pada Australia.
Kawat aluminium. /foto ybmagnetwire.com
Kawat aluminium. /foto ybmagnetwire.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Australia mengatakan bahwa para eksportir aluminium telah mematuhi ketentuan perjanjian dengan Amerika Serikat (AS) setelah Presiden Donald Trump mengancam akan mengenakan tarif.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison meyakinkan pemerintah AS bahwa para eksportirnya tidak melakukan kesalahan dan telah melakukan perdagangan sesuai dengan ketentuan.

"Kami memiliki pengaturan dengan AS dan kami bekerja dalam pengaturan itu," kata Morrison seperti dikutip dari Reuters, Senin (3/6/2019).

Sebagai informasi, Donald Trump didesak untuk mengenakan tarif pada baja dan aluminium Australia sebagai respon terhadap peningkatan ekspor aluminium ke AS selama setahun terakhir.

Sebelumnya, pada Maret lalu Trump telah memberlakukan tarif impor baru sebesar 25 persen untuk baja dan 10 persen untuk impor aluminium terhadap semua negara, kecuali Australia.

Trump menyetujui pembebasan tarif bagi Australia setelah melakukan negosiasi dengan Perdana Menteri Australia saat itu, Malcolm Turnbull.

Adapun, Australia mengekspor sekitar 500 juta dolar Australia atau senilai US$347 juta dalam baja dan aluminium ke AS setiap tahun.

Selain itu, Australia telah lama menjadi sekutu setia AS, serta menahan pengaruh China yang tumbuh di kawasan Pasifik.

Pasalnya, China telah berupaya meningkatkan pengaruh di Pasifik melalui peningkatan bantuan asing. Namun, Australia telah potong untuk mengurangi dalam beberapa bulan terakhir.

Oleh karena itu, Trump dibujuk untuk membatalkan rencana menaikkan tarif pada Australia karena dianggap akan mengasingkan sekutu kunci di kawasan Asia-Pasifik.

Di sisi lain pada perdagangan berjangka, harga aluminium di bursa London pada penutupan perdagangan Jumat (31/5/2019), ditutup menguat 0,7 persen menjadi US$1.794,5 per ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Finna U. Ulfah
Editor : Tegar Arief
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper