Ketegangan Baru AS—Meksiko Berdampak Buruk Terhadap Dolar AS

Ketegangan antara Amerika Serikat dengan Meksiko terkait rencana pengenaan bea impor menekan dolar AS.
Ketegangan Baru AS—Meksiko Berdampak Buruk Terhadap Dolar AS Hafiyyan | 03 Juni 2019 10:56 WIB
Ketegangan Baru AS—Meksiko Berdampak Buruk Terhadap Dolar AS
Ilustrasi Dolar AS - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Ketegangan antara Amerika Serikat dengan Meksiko terkait dengan rencana pengenaan bea impor menekan dolar AS.

Pada perdagangan Senin (3/6/2019) pukul 10.40 WIB, indeks dolar AS turun 0,14% atau 0,14 poin menjadi 97,61. Harga tertekan setelah sempat mencapai level tertingginya di posisi 98,371 pada tahun ini.

Tim analis Asia Trade Point Futures dalam laporannya menyampaikan, mayoritas fokus investor tertuju pada ketegangan baru hubungan dagang antara AS dengan Meksiko. Hal ini menyusul adanya pengenaan bea impor terhadap semua barang Meksiko yang masuk ke AS.

Mulai 10 Juni 2019, AS akan mengenakan bea impor sebesar 5% terhadap semua barang impor Meksiko. Rencana ini merupakan reaksi Washington agar Meksiko menindak tegas para imigran ilegal yang mencoba masuk ke AS.

“Kondisi ini membuat investor melepas dolar AS dan imbasnya nilai tukar dolar AS tergerus sepanjang perdagangan sesi AS,” paparnya, Senin (3/6/2019).

Namun, aksi jual yang melanda mata uang dolar AS sedikit tertahan setelah data PCE Price Index periode April membukukan pertumbuhan 0,3%, yang menjadi kenaikan terbesar sejak Januari 2018.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
dolar as

Editor : Maftuh Ihsan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top