Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Perang Dagang Batasi Penguatan Harga Minyak Dunia

Harga minyak mentah dunia menguat tipis pada perdagangan siang ini, Selasa (14/5/2019), di tengah meningkatnya perang perdagangan antara Amerika Serikat dan China.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 14 Mei 2019  |  11:08 WIB
Harga minyak mentah Indonesia turun. - JIBI
Harga minyak mentah Indonesia turun. - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA – Harga minyak mentah dunia menguat tipis pada perdagangan siang ini, Selasa (14/5/2019), di tengah meningkatnya perang perdagangan antara Amerika Serikat dan China.

Mengutip data Bloomberg, harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) menguat 0,18% atau 0,11 poin ke posisi US$61,15 per barel. Sementara itu, harga minyak mentah Brent menguat 0,17% atau 0,12 poin ke level US$70,35 per barel.

Sejumlah analis mengatakan, perang dagang AS dan China telah membayangi pasar minyak, meskipun secara fundamental mendukung penguatan harga bahan bakar tersebut.

Alfonso Esparza, analis Senior OANDA mengatakan, hantaman perang dagang memiliki dampak nyata bagi pertumbuhan ekonomi global. Secara serius membatasi permintaan energi dunia. “Sejumlah gangguan [pasokan] telah menyeimbangkan pasar, tetapi pelemahan permintaan dan meningkatnya produksi minyak dapat mempercepat kerugian,” katanya dikutip dari Reuters, Selasa (14/5/2019).

China telah menentang peringatan dari Presiden Donald Trump. Mereka pun bergerak menentukan tarif pada barang-barang AS, termasuk sayuran beku dan gas alam cair (liqiuefied natural gas/LNG).

Di samping itu, fokus pasar  minyak juga tertuju ke Timur Tengah, usai Arab Saudi, Senin (13/5/2019), menyatakan bahwa dua kapal tanker mereka diserang di lepas pantai Uni Emirat Arab. Hal ini dianggap Saudi sebagai upaya mengganggu keamanan pasokan minyak mentah, di tengah ketegangan AS dan Iran.

Sementara itu, Departemen Energi AS percaya diri pasokan pasar minyak global tidak terganggu. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Harga Minyak harga minyak dunia perang dagang AS vs China
Editor : Riendy Astria
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top